Hari Kesehatan Nasional, Yuk Ikuti Pola Makan Sehat Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 12 Nov 2019 15:30 WIB
Pola makan sehat. Foto: iStock Pola makan sehat. Foto: iStock
Jakarta - Hari Kesehatan Nasional (HKN) kali ini bertema 'Generasi Sehat Indonesia Unggul'. Tentunya jika ingin sehat, selain olahraga kita juga harus mengonsumsi pola makan sehat dan seimbang.

Hari Kesehatan Nasional 2019 ini jatuh pada tanggal 12 November 2019. Dikutip dalam Kemenkes.go, mementun Hari Kesehatan Nasional ke-55 ini merupakan pengingat publik, kesehatan masyarakat akan meningkat jika ada kerja sama dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat itu sendiri.


Agar generasi Indonesia terbebas dari penyakit-penyakit degeneratif dan juga stunting. Tentu yang pertama kali harus diperhatikan adalah pola makan. Di Hari Kesehatan Nasional Indonesia ini, yuk kita mulai kembali dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Apa saja?

1. Terapkan Pola Makan Gizi Seimbang

Pola makan sehat adalah yang menganut gizi seimbang. Tentunya makanan ini mengandung 45 persen karbohidrat, 30 persen protein dan 35 persen lemak baik.

Lemak baik di sini adalah lemak yang didapatkan dari buah alpukat, minyak zaitun dan juga lemak yang dikandung dalam ikan. Agar lebih sehat, hindari juga makanan yang digoreng. Kamu bisa mengganti teknik memasak dengan cara ditumis, kukus ataupun rebus.

Pola makan sehat dengan gizi seimbang.Pola makan sehat dengan gizi seimbang. Foto: iStock

2. Hindari Makanan Olahan

Sebaiknya hindari makanan olahan yang banyak mengandung pengawet. Lebih baik pilih makanan yang dimasak segar seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak hingga pasta gandum. Karena makanan-makanan ini mengandung antioksidan dan bebas dari bahan pengawet.

3. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung serat dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh. Bayam, kangkung, brokoli hingga buncis bisa jadi pilihan untuk memulai hidup sehat.

Kamu juga bisa mengonsumsi salad yang terbuat dari selada segar, tomat dengan ditambah beberapa jenis protein.

4. Konsumsi Buah

Selain sayuran, buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral serta antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Serat yang ada di dalam buah juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Hari Kesehatan Nasional, Yuk Ikuti Pola Makan Sehat Ini!Makanan sehat. Foto: iStock

5. Batasi Gula dan Garam

Konsumsi gula, garam dan lemak (GGL) yang berlebih menjadi salah satu faktor masalah gizi di Indonesia setiap tahunnya di semua kalangan usia. Sehingga tak heran, jika di usia 30 ke atas sudah banyak orang yang menderita serangan jantung maupun diabetes.

Agar tetap sehat, tentu setiap orang perlu mengetahui batas konsumsi maksimal dari ketiga bahan ini. Batas maksimal konsumsi gula yaitu 4 sdm, garam 1 sdt dan lemak 5 sdm per hari untuk setiap orang.

6. Pilih Karbohidrat Sehat

Penuhi asupan karbohidrat dengan karbohidrat kompleks, misalnya umbi-umbian. Ya, kamu bisa mengganti roti tawar dan nasi putih dengan nasi merah, kentang kukus atau rebus, atau gandum (oatmeal).

7. Minum Lebih Banyak Air Putih

Salah satu cara termudah untuk mendukung akhir pekan yang sehat adalah dengan menghidrasi tubuh kamu sendiri. Banyak minum air putih di akhir pekan bisa membersihkan tubuh dari racun dan menghasilkan pencernaan yang lebih sehat.

Selamat Hari Kesehatan Nasional 2019!



Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pay)