Mengenal Kopi Hijau dengan Segudang Manfaat

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Nov 2019 05:30 WIB
Kopi hijau. Foto: iStock Kopi hijau. Foto: iStock
Jakarta - Tahu biji kopi hijau? Kopi berwarna hijau ini disebut punya segudang manfaat bagi kesehatan. Apa saja ya manfaatnya?

Kopi hijau adalah biji kopi yang tidak dipanggang atau disangrai dan berasal dari tanaman kopi arabika. Sehingga kopi hijau memiliki tingkat asam konglomerat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa atau biji kopi yang dipanggang.


Seperti dilansir dari Times of India, selain disebut dapat menurunkan berat badan, biji kopi hijau ini punya berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

1. Meningkatkan metabolisme

Kopi hijau untuk diet karena mengandung asam klorogenik yang juga dikenal sebagai pendorong metabolisme. Hal ini akan meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR) dari tubuh kita, yang meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah.

Karena kurangnya glukosa, tubuh kita mulai membakar sel-sel lemak yang disimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosa. Biji kopi hijau murni bisa meningkatkan kemampuan pembakaran lemak oleh tubuh, dan akhirnya membantu kita untuk menurunkan kelebihan berat badan.

2. Membantu menekan nafsu makan

Hambatan terbesar dalam perjalanan penurunan berat badan adalah membunuh rasa lapar. Kopi hijau cocok untuk penurun berat badan karena dapat menekan nafsu makan yang efektif. Minum kopi hijau membantu mengendalikan makan berlebihan dan menyingkirkan berat tambahan.

3. Detoksifikasi alami

Ekstrak biji kopi hijau atau kopi hijau bubuk juga dianggap sebagai detoksifikasi alami. Mereka secara alami membersihkan racun dari dalam tubuh dan membuatnya bebas dari lemak ekstra dan kolesterol jahat.

Detoksifikasi ini akan memberikan efek peningkatan fungsi, yang akhirnya menunjang metabolisme dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

4. Membantu membakar lemak ekstra

Manfaat minum kopi hijau adalah membantu membakar lemak tubuh ekstra. Biji kopi hijau mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Oleh karena itu, kopi hijau juga membantu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh. Hal ini juga ditunjang dengan metabolisme pembakaran tubuh, sehingga dapat membakar lemak dan kalori yang tidak diinginkan dengan cepat.

5. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif
Kafein yang terkandung dalam kopi hijau memiliki efek yang positif pada suasana hati dan aktivitas otak. Kafein juga dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus dan faktor lain dari kinerja kognitif.





Simak Video "Ini Kata Ahli Gizi Soal Diet dengan Kopi Hijau"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/vmp)