9 Manfaat Buah Mangga yang Baik untuk Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 29 Okt 2019 11:00 WIB
Manfaat buah mangga. Foto: iStock Manfaat buah mangga. Foto: iStock
Jakarta - Buah mangga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Rasanya manis dengan kandungan vitamin yang banyak. Ini dia manfaat buah mangga yang harus kamu tahu.

Sedang musim mangga, kamu bisa menikmati buah manis ini dengan mudah. Buah mangga tinggi akan vitamin C, pottasium dan juga magnesium. Tak hanya enak dimakan langsung dalam keadaan segar tapi juga enak dijadikan jus buah hingga puding.


Dirangkum oleh detikFood, berikut beberapa manfaat buah mangga yang sangat baik dikonsumsi bagi tubuh:

1. Membantu Pencernaan

Manfaat buah mangga untuk kesehatan salah satunya adalah untuk memperlancar pencernaan yang sehat. Dalam buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing, mangga mengandung enzim yang membantu pemecahan dan pencernaan protein dan juga serat yang membuat saluran pencernaan bekerja dengan optimal.

Serat yang dikandung dalam buah mangga dapat membantu turunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Mangga muda memiliki lebih banyak serat pektin dibandingkan buah mangga yang sudah matang pohon. Sehingga ini bisa menjadi manfaat buah mangga muda bagi tubuh.

2. Membuat Usus Lebih Sehat

Mangga mengandung serat prebiotik yang dapat memberikan makanan bagi bakteri baik di usus. Usus yang tidak sehat dapat merusak kondisi kesehatan. Jika usus bermasalah, tentu penyerapan makanan tidak bisa berjalan optimal.

Manfaat buah mangga untuk kesehatan.Manfaat buah mangga untuk kesehatan. Foto: iStock

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah mangga mengandung dua pertiga vitamin C dan juga antioksidan. Antioksidan yang kuat dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentunya ini jadi salah satu manfaat buah mangga untuk kesehatan.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah mangga yang lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mata. Tak hanya mengandung vitamin C, buah mangga juga mengandung vitamin A dan antioksidan yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia atau hilangnya penghlihatan.

5. Menurunkan Kolesterol

Mangga bisa membantu mengatur kadar kolesterol. Tingginya kadar pektin dapat membantu menurunkan lipoprotein densitas rendah (LDL atau kolesterol jahat) yang menyebabkan plak di pembuluh darah sehingga dapat menghambat aliran darah.

6. Menyehatkan Kulit

Salah satu manfaat buah mangga adalah dapat membantu menyehatkan kulit. Mangga yang mengandung vitamin C sangat penting untuk perbaikan kulit yang sehat. Dikutip dalam NDTV, ahli gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora ND mengatakan,"Mangga sarat dengan nutrisi yang dapat menyembuhkan kulit misalnya serat dalam mangga dapat membersihkan usus yang kelebihan muatan dengan zat beracun."

7. Mencegah Asam Lambung

Salah satu manfaat dari mangga muda yaitu perannya dalam mengurangi keasaman (acidity). Mangga muda jadi bagian pengobatan alami untuk masalah terkait keasaman. Bila mengalaminya, bisa coba mengunyah sepotong mangga ini.

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil.Manfaat buah mangga untuk ibu hamil. Foto: iStock

8. Tinggi Zat Besi

Selain dapat menyehatkan mata, manfaat buah mangga untuk ibu hamil juga bisa mencegah anemia. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak hati ayam atau sapi, akan tetapi buah mangga bisa dikonsumsi untuk mencegah anemia.

9. Mencegah Kanker

Pada prinsipnya jika pola makan kita sehat, tentu penyakit akan jauh dari tubuh kita, termasuk kanker. Buah mangga mengandung antioksidan seperti astragalin, asam galic, guercetin, methylgallat dan isoquercitrin dapat membantu menghambat tumbuhnya segala jenis kanker dalam tubuh.





Simak Video "Lawa Ikan, Kuliner Legendaris dari Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)