Heboh Youtuber Makan Mie Instan Campur Deterjen, Ini Penjelasan Ahli Gizi

Riska Fitria - detikFood Senin, 14 Okt 2019 11:30 WIB
Foto: Instagram @marshmello_mondy Foto: Instagram @marshmello_mondy
Jakarta - Demi konten populer, youtuber asal Kupang ini nekat makan mie instan campur deterjen dan pembersih porselen. Ini kata ahli gizi.

Apa saja akan dilakukan oleh para youtuber untuk menarik perhatian netizen. Seperti yang dilakukan oleh beberapa youtuber di Indonesia yang rela melakukan hal gila. Bahkan di luar akal sehat yang berbahaya bagi kesehatan.

Tak terkecuali Mondy Wara, seorang youtuber yang berasal dari Kupang. Melalui video yang diunggah di laman youtube dan instagramnya, ia membagikan momen kala ia memakan mie instan.
Heboh Youtuber Makan Mie Instan Campur Deterjen, Ini Penjelasan Ahli GiziFoto: Instagram @marshmello_mondy

Bukan mie instan biasa, melainkan mie instan yang dicampur dengan bahan berbahaya seperti deterjen hingga pembersih porselen. Meski dimuntahkan lagi, tetapi tetap saja ada sedikit yang masuk dan tertelan ke dalam tubuh Mondy dan itu sangat berbahaya.

"Rasanya panas, terus pahit dan gak enak, makanya gak dilanjutin," ujar Mondy kepada detikFood (13/10).

Baca Juga : Kriuk-kriuk! Wanita Cantik Ini Lahap Makan Laba-laba Goreng

Semenjak hal ekstrem yang dilakukannya itu, Mondy belum berkonsultasi kepada dokter kesehatan. Namun, ia mengaku merasakan efek samping.

"Mulai dari situ aku jarang BAB, terus kadang-kadang sakit perut tapi susah keluarnya," tutur Mondy.
Heboh Youtuber Makan Mie Instan Campur Deterjen, Ini Penjelasan Ahli GiziFoto: Instagram @marshmello_mondy

Efek samping tersebut ternyata lumrah terjadi. Leona Victoria Djajadi, seorang pakar gizi mengatakan bahwa campuran bahan pembersih bisa mengakibatkan keracunan makanan. Bahkan jika tertelan dalam dosis yang tinggi bisa membuat dinding usus menjadi robek.

Dilansir dari Buzfeednews, pembersih noda tersebut biasanya mengandung senyawa kimia yang berbahaya. Salah satunya adalah Surfaktan yang ampuh membersihkan noda.

"Bayangkan, kerak di dinding yang keras saja bisa lumer. Apalagi sel tubuh kita yang bernyawa dan sensitif. Belum lagi microflora di dalam perut yang akan hilang sehingga keseimbangan kesehatan perut pasti runtuh," kata Leona (14/10).
Heboh Youtuber Makan Mie Instan Campur Deterjen, Ini Penjelasan Ahli GiziFoto: Instagram @marshmello_mondy

Microflora adalah berbagai macam mikoorganisme seperti bakteri dan fungsi yang merupakan penghuni tetap dari bagian-bagian tubuh tertentu khususnya kulit, usus besar, dan vagina.

Leona juga menjelaskan bahwa efek samping susah Buang Air Besar (BAB) yang diderita Mondy disebabkan karena campuran bahan berbahaya pada pembersih tersebut. Itu karena proses BAB juga membutuhkan microflora pada usus.

Baca Juga : Bukan Mangkuk, Youtuber Ini Makan Bakso Pakai Dudukan Kloset Jongkok

Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)