Sedang Sakit? Ahli Gizi Rekomendasikan Konsumsi 7 Makanan Enak Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 01 Okt 2019 17:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Ketika sedang sakit, seringkali membuat nafsu makan berkurang. Mulai dari rasa hidangan yang jadi hambar dan susah ketika menelan makanan. Ini 7 makanan yang bisa Anda konsumsi.

Tak bisa dipungkiri, jika sedang sakit nafsu makan akan berkurang. Padahal Anda perlu menambah banyak nutrisi agar tubuh menjadi lebih sehat. Menurut ahli gizi Bonnie Taub-Dix konsumsi karbohidrat yang mudah dicerna bisa menjadi pilihan.

Inilah 7 makanan yang bisa Anda konsumsi ketika sedang sakit serta dapat membantu proses penyembuhan. Informasinya dilansir dari Prevention (24/9) seperti berikut.

1. Oatmeal
Sedang Sakit? Ahli Gizi Rekomendasikan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: istimewa

Ketika sedang sakit, Anda bisa konsumsi oatmeal. Menurut Taub-Dix, oatmeal akan menjadi makanan enak utama ketika Anda sedang merasa tidak sehat. "Jika saya merasa sakit dan masuk angin tetapi masih memiliki nafsu makan, saya tentu akan menambahkan oatmeal dengan sesendok penuh mentega almond, ricotta, atau keju cottage ke dalam mangkuk untuk meningkatkan asupan protein yang dapat mendukung penyembuhan," ujar Taub-Dix.

2. Kentang panggang

Karbohidrat lain yang mudah dicerna ialah kentang panggang. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kentang mengandung serat dan vitamin C, nutrisi penting untuk penyembuhan. Jika Anda ingin membuatnya, Anda bisa tambahkan protein ke kentang dengan topping keju atau Greek yogurt.

3. Teh hijau
Sedang Sakit? Ahli Gizi Rekomendasikan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: istimewa

"Teh adalah keharusan mutlak ketika saya sedang tidak enak badan," kata Taub-Dix. Teh bisa membantu Anda mendapatkan semua cairan yang Anda butuhkan, terutama jika Anda sedang demam atau perut kembung. Kehangatan pada teh juga dapat meringankan sakit tenggorokan.

Apalagi jika Anda minum teh hijau karena mengandung semua jenis senyawa yang bermanfaat, salah satunya quercetin yang dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

4. Madu

Anda juga bisa konsumsi madu. Bisa Anda campur ke dalam oatmeal, yogurt atau mungkin di makan langsung. "Sifat antibakteri madu memiliki berbagai efek positif dalam menyembuhkan flu," jelas praktisi kesehatan holistik, Elena Villanueva, DC. Madu juga dapat menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan.

5. Sereal

Ketika Anda menginginkan makanan yang mudah dibuat, Taub-Dix menyarankan Anda konsumsi semangkuk sereal yang enak. Anda bisa makan sereal dengan susu almond karena dapat melancarkan pencernaan Anda. Anda juga perlu memperhatikan jumlah seratnya. Taub-Dix merekomendasikan mencari merek sereal dengan setidaknya 5 gram serat dan sedikit gula per porsi.

6. Smoothies
Sedang Sakit? Ahli Gizi Rekomendasikan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: istimewa

Untuk meningkatkan asupan cairan dan menyelipkan beberapa buah dan sayuran tanpa harus mengunyahnya, taub-Dix menyarankan Anda konsumsi smoothies. Smoothies biasanya dibuat dengan bahan susu almond, ditambah dengan bayam dan pisang beku, kemudian satu sendok makan mentega almond untuk protein.

Atau yang lebih baik, Anda bisa membuat smoothies dari jus delima, yogurt dan strawberry. Jus delima mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan. Kemudian yogurt dapat menambah protein dan lemak, mengubah smoothies menjadi makanan saat Anda benar-benar tidak nafsu makan.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Ketika Anda sakit tetapi tetap ingin mengunyah, Anda bisa makan kacang atau biji-bijian. Anda bisa konsumsi kacang mete, biji rami, chia seed, almond, dan lain-lain. Sebab kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin E dan seng, dua nutrisi yang diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh yang optimal.

Baca Juga: Sakit Gigi? Ini 10 Makanan yang Bisa Mengurangi Rasa Sakitnya

Simak Video "Salenco, Kafe Sehat dengan Sajian Menu yang Memanjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)