Buah dan Sayur, Lebih Sehat Dimasak Atau Dimakan Mentah?

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 23 Sep 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah dan sayuran merupakan makanan bernutrisi yang menyehatkan. Namun dalam konsumsi, mana yang llebih baik, dimasak atau mentah?

Semua orang tahu jika setiap hari harus mengasup buah dan sayuran segar sebagai sumber nutrisi sehat. Tetapi masih banyak orang yang tak doyan buah dan sayuran.

Maka tantangannya adalah mengolah sayur dan buah sedemikian rupa sehingga rasanya jadi enak tetapi nutrisinya tetap awet. Karenanya ada sayuran ada yang direbus, ditumis, dipanggang agar asanya lebih enak. Sayangnya tak semua sayuran san buah segar cocok dimasak. Ada yang justru lebih sehat jika dimakan mentah atau segar.


Buah dan Sayur, Lebih Sehat Dimasak Atau Dimakan Mentah?Foto: iStock


Masing-masih buah dan sayuran yang dimasak memiliki keuntungannya sendiri. Maka lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai keuntungan buah dan sayuran mentah dan dimasak, seperti dilansir dari MNN (18/9).

Sayuran yang dimasak bisa hancur enzim alami dan nutrisi lainnyai jika dimasak di atas suhu tertentu. Terutama sayur dan buah yang mengandung vitamin C yang mudah rusak karena pemanasan.

Namun tak perlu khawatir, banyak orang yang masih percaya bahwa dengan konsumsi makanan mentah dapat membantu memperlambat penuaan, dan mencegah penyakit.

Makan buah-buahan dan sayuran mentah juga dapat membantu meringankan gejala depresi, hal ini dibenarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Otago.

Peneliti mengamati 422 anak muda di Selandia Baru dan Amerika Serikat. Mereka menemukan mereka yang konsumsi makanan mentah lebih sedikit alami gejala depresi dan lebih puas dengan hidupnya. Dibandingkan yang konsumsi makanan matang, olahan dan kalengan.

Buah dan Sayur, Lebih Sehat Dimasak Atau Dimakan Mentah?Foto: iStock


Memasak sayur dan buah juga punya manfaat. Tidak selalu menghilangkan nutrisi. Hal ini telah dibenarkan oleh salah satu penelitia di tahun 2002 yang dipublikasikan di Journal of Agriculture and Food Chemistry. Mereka menemukan bahwa memasak justru akan meningkatkan jumlah antioksidan lycopene. Menurut Harvard Health.
Lycopene dapat mencegah penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Bukan hanya itu, dengan memasak sayuran juga dapat meningkatkan jumlah kalsium yterkandung dalambeberapa sayuran, serta dapat memberikan lebih banyak mineral untuk diserap tubuh.

Selain menambah jumlah nutrisi, memasak juga memiliki manfaat lain. Menurut sebuah studi dari Universitas Harvard, dengan memasak buah dan sayuran juga membuat lebih mudah dikunyah, lebih mudah dicerna, dan meningkatkan nilai energi.

Namun para ahli menyarankan jika akan memasak buah dan sayur sebaiknya tidak direbus. KArena metode ini membuat banyak nutrisi larut ke dalam air. Sebab salah satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menemukan bahwa rata-rata sekitar 14% antioksidan hilang dalam 20 sayuran saat direbus.

Jadi tak perlu bingung dalam memilih buah dan sayuran yang sehat, sebab sayuran dan buah yang dimasak atau mentah masih memiliki kelebihannya masing-masing.

"Cara terbaik konsumsi sayuran adalah cara yang terbaik yang membuat Anda bis mengonsumsi lebih banyak sayuran. Tetapi jangan menggoreng karena hanya menambah banyak kalori kosong," ungkap Dr. Michael Greger dari NutritionFacts.org.





Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)