Kabut Asap Bikin Kulit Kering? Atasi dengan 5 Makanan Sehat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 22 Sep 2019 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kabut asap tengah jadi masalah serius di Pekanbaru hingga Palangkaraya. Berbagai masalah kulit yang mungkin timbul bisa diatasi dengan konsumsi 5 makanan khas Jepang ini.

Bukan hanya berdampak buruk pada kesehatan pernafasan, kabut asap yang parah bisa memicu masalah kulit. Bukan tidak mungkin tanda-tanda penuaan lebih cepat muncul akibat paparan kabut asap.

Tanda-tanda penuaan termasuk keriput, noda kehitaman di wajah, kulit kendur, hingga uban yang bermunculan di rambut. Ada serangkaian cara untuk mencegah tanda penuaan, mulai dari yang alami sampai dengan perawatan atau pengobatan.

Kalau mau yang alami, coba saja rahasia kecantikan dan awet muda dari wanita Jepang. Mereka dikenal memiliki kulit sehat meski sudah berumur. Dari sisi makanan, apa saja kebiasaan mereka?

1. Minum teh hijau

Kabut Asap Bikin Kulit Kering? Atasi dengan 5 Makanan Sehat IniFoto: iStock

Produk perawatan kulit dan wajah bisa diandalkan untuk tetap awet muda, namun yang terpenting adalah mengasup makanan yang tepat. Wanita Jepang terbiasa meminum teh hijau yang sangat baik untuk kesehatan. Teh hijau tinggi antioksidan yang bisa mencegah tanda-tanda penuaan.

Teh hijau juga banyak dipakai dalam produk-produk perawatan kulit dan wajah. Gunanya untuk memproteksi kulit dari sinar matahari, mengurangi garis halus, serta kerutan. Selain itu, wanita Jepang rutin minum teh hijau untuk menurunkan berat badan sekaligus menjaga penampilan tetap muda.

2. Makan rumput laut
Rumput laut adalah bagian penting dalam pola makan orang Jepang. Tak hanya rasanya yang enak, rumput laut juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Rumput laut kaya kandungan vitamin dan mineral. Mulai dari kalsium, magnesium, vitamin K, zat besi, sampai folat.

Makan rumput laut teratur bisa melindungi kulit dari kerusakan matahari seperti bintik-bintik hitam. Terdapat juga komponen antiinflamasi pada rumput laut yang bisa cegah bengkak dan kemerahan. Sedangkan kandungan iodinnya bisa menyehatkan kulit dan membantu atur metabolisme tubuh.

3. Tambahkan kolagen

Kabut Asap Bikin Kulit Kering? Atasi dengan 5 Makanan Sehat IniFoto: iStock

Kolagen adalah jaringan konektif yang membuat kulit tetap kenyal dan lembut. Wanita Jepang banyak yang mencari produk kecantikan dengan tambahan kolagen. Selain itu, kolagen bisa didapat dari konsumsi makanan seperti kaldu tulang dan spirulina yang umum dikonsumsi orang Jepang.

Perlu diketahui bahwa semakin menua usia, semakin banyak kolagen yang dibutuhkan. Sebab pasokan kolagen bisa berkurang dengan kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, hingga pola makan yang tidak tepat.

4. Konsumsi konjac
Konjac atau konnyaku berwarna kecokelatan dengan tesktur kenyal. Biasanya konnyaku ditambahkan dalam hidangan 'stew' di Jepang. Konnyaku sendiri merupakan tanaman umbi-umbian yang populer sebagai alternatif sehat karbohidrat karena kalorinya rendah.

Konsumsi konnyaku bisa bantu atasi masalah jerawat di kulit. Konnyaku juga sangat baik untuk penderita kulit sensitif untuk mengembalikan kondisi kulit ke normal dengan mempercepat proses penyembuhan luka di kulit.

5. Perbanyak makan tahu

Kabut Asap Bikin Kulit Kering? Atasi dengan 5 Makanan Sehat IniFoto: Istimewa

Terakhir ada tahu yang merupakan protein nabati populer di Jepang. Di balik teksturnya yang lembut, tahu sangat baik untuk cegah penuaan karena tinggi vitamin E dan protein yang membantu regenerasi kulit lebih cepat. Elastisitas kulit juga bisa terjaga.

Tahu memiliki rasa gurih enak yang bisa diolah menjadi ragam sajian. Nutrisi lain dari tahu bagus untuk kulit adalah karena mengandung saponin yang bersifat sebagai pengelupas kulit alami.



Simak Video "Buka Gerai Flagship, 'Goola x Mangkok Ku' Siap Ekspansi ke Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)