Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Kenapa Sarapan Sangat Penting

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 18 Sep 2019 07:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sarapan memang sering disebut sebagai makanan terpenting harian. Ada banyak manfaat sehat yang didapat dari kebiasaan sarapan.

Sarapan sangat penting untuk memulai hari. Ketika Anda terlelap, sama saja Anda tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama, sekitar 7-8 jam. Di waktu lelap tersebut, tubuh Anda akan menurunkan aktivitas metabolismenya dan secara efisien menggunakan energi dan nutrisi dalam tubuh.

Agar mendapatkan energi yang dibutuhkan, memang diperlukan sarapan sebelum memulai aktivitas harian. Dari sinilah sarapan dikatakan sangat penting, namun makanannya juga perlu diperhatikan.

Biasanya, beberapa orang sarapan dengan makanan yang lembut seperti sereal, karena jika makan dengan makanan berat akan mengganggu pencernaan Anda. Itulah sebabnya mengapa Dr. John Harvey Kellogg menciptakan sereal corn flakes pada tahun 1890-an. Dia yakin sereal akan mudah dicerna dan dapat membantu meredakan sakit perut.

Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Kenapa Sarapan Sangat PentingFoto: iStock

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Dicari Orang Kantoran Saat Sarapan

Edisi awal sereal itu benar-benar hambar dan menjadi makanan sehat. Tidak seperti sereal yang kini banyak dijual di pasaran, yang memiliki rasa manis. Tak berjalan mulus, awalnya sereal dikatakan sebagai makanan terburuk dan telah masuk ke dalam salah satu majalah. Dari sinilah Kellogg bekerja agar corn flakes ciptaannya itu diterima oleh publik.

Sambil memberikan citra baik dan mengembangkan corn flakesnya itu, Kellogg juga sembari memberitahukan informasi mengenai pentingnya sarapan.

Live Strong (10/9) melaporkan, beberapa ahli nutrisi turut menyarankan untuk memulai hari dengan makanan seimbang. "Saya selalu merekomendasikan sarapan untuk klien saya, apakah mereka ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan mereka," kata ahli gizi Amy Gorin, pemilik Amy Gorin Nutrition.

Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Kenapa Sarapan Sangat PentingFoto: iStock

Menurut Gorin, jika Anda sarapan dengan makanan sehat, Anda akan mendapatkan banyak nutrisi seperti protein, serat, dan lemak sehat yang akan membantu menjaga Anda mendapatkan bahan bakar untuk pagi produktif Anda.

Salah satu penelitian juga membenarkan bahwa dengan sarapan akan memiliki efek positif pada indeks massa tubuh (BMI). Orang-orang yang sarapan dengan makanan sehat itu akan lebih mungkin memiliki BMI lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapan dan justru makan lebih banyak kalori saat makan siang atau makan malam, menurut sebuah studi tahun 2017. Penelitian juga menunjukkan bahwa sarapan berperan dalam kesehatan mental.

Jadi disarankan bagi Anda, agar jangan lewatkan sarapan. Anda bisa sarapan dengan protein tanpa lemak, seperti telur, yoghurt, buah, sayuran, lemak sehat seperti alpukat atau selai kacang, dan biji-bijian utuh. Paduan nutrisi ini akan membantu Anda merasakan kenyang hingga jam makan siang.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama



Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)