Letih Saat Bangun Tidur? Ini 7 Makanan yang Cocok Dikonsumsi

Riska Fitria - detikFood Minggu, 15 Sep 2019 07:00 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Saat bangun tidur badan seharusnya terasa segar. Jika merasa sangat letih dan lemas, itu tandanya kamu butuh asupan makanan ini.

Banyak orang mengandalkan kafein sebagai pemasok energi saat bangun tidur. Padahal tubuh sedang memerlukan energi instan untuk membuat tubuh segar dan siap beraktivitas.

Ada baiknya menghindari makanan olahan untuk sarapan. Karena proses cernanya lama di dalam tubuh. Sementara banyak makanan alami, segar dan sehat yang bisa diandalkan sebagai pemasok energo di pagi hari.

Berikut ini 7 makanan alami, sehat dan mudah dicerna yang baik dikonsumsi di pagi hari. Terutama saat tubuh merasa letih saat bangun tidur.

Letih Saat Bangun Tidur? Ini 7 Makanan yang Cocok DikonsumsiFoto: Istimewa


1. Alpukat

Buah berwarna hijau ini mengandung nutrisi yang bisa memberikan energi. Kandungan nutrisi tersebut berupa vitamin, mineral dan lemak sehat yang akan memberikan energi untuk tubuh dan bertahan hingga berjam-jam.

Selain itu, superfood ini juga mengandung banyak serat di dalamnya. Kandungan serat tersebut berperan menjaga gula darah tetap stabil. Konsumsi buah ini dalam keadaan segar, sebagai topping sandwich, campuran smoothies atau salad. Hindari menambahkan gula agar khasiat sehatnya tetap maksimal.

2. Semangka

Saat tidur, tubuh mengalami dehidrasi. Karenanya saat bangun tidur perlu membuat tubuh kembali terhidrasi. Buah semangka ini mengandung banyak air. Bahkan semangka merupakan sumber cairan terbaik.

Daging buah semangka mengandung 90% air yang di dalamnya menyimpan banyak vitamin, mineral dan antioksidan. Selain itu juga mengandung asam amino L-citrulline, yang dapat membantu mengurangi nyeri otot yang seringkali terjadi setelah bangun tidur. Anda bisa memulai hari dengan mengonsumsi semangka segar, atau campurkan dalam jus buah segar.

3. Almond

Jenis kacang ini merupakan sumber protein yang baik dan bermanfaat untuk tubuh. Selain itu juga terdapat kandungan serat dan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan. Tak hanya itu, almond juga mengandung vitamin B yang berfungsi untuk penambah stamina dan energi.

Kandungan magnesium di dalamnya berperan untuk melawan kelelahan otot. Saat otot terasa lelah ketika bangun tidur, mengonsumsi almond bisa jadi solusi. Anda bisa menambahkan almond ke dalam sereal atau jadikan sebagai camilan di pagi hari.

Baca Juga : 6 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Letih Saat Bangun Tidur? Ini 7 Makanan yang Cocok DikonsumsiFoto: Thinkstock


4. Pisang

Buah pisang merupakan sumber kalium yang berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk tubuh. Kalium itu dilengkapi dengan serat yang baik. Serat berperan untuk memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Selain itu juga bisa sebagai penyedia sumber magnesium dan vitamin B yang baik.

Karenanya sarapan dengan pisang adalah ide bagus. Pisang yang sudah matang akan memberikan energi lebih mudah tersedia dalam bentuk gula dibandingkan dengan pisang yang belum matang. Pilihlah pisang yang kulitnya sudah menguning dengan bercak bintik di sisinya. Hal itu menandakan bahwa pati telah berubah menjadi gula yang bisa dijadikan sumber energi.

5. Bayam

Sayur hijau seperti bayam ini merupakan sumber nutrisi. Banyam mengandung vitamin C, folat dan zat besi. Bahkan jumlah vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya tersedia dalam jumlah yang banyak. Kandungan itu sangat penting karena bisa memproduksi energi bagi tubuh.

Bayam bisa dimasak sebagai tumisan atau sebagai isian omelet atau otak-arik telur. Supaya lebih segar dan bernutrisi tambahan perasan jeruk lemon, sehingga dapat meningkatkan zat besi.

Letih Saat Bangun Tidur? Ini 7 Makanan yang Cocok DikonsumsiFoto: shutterstock


6. Kurma

Buah kurma mengandung khasiat sebagai sumber energi untuk tubuh. Buah berwarna kecokelatan ini mudah dicerna oleh tubuh. Di dalamnya terdapat kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng dan zat besi yang diperlukan tubuh di pagi hari.

Ketika bangun tidur, siapkan beberapa butir buah kurma untuk dicampur ke dalam smoothies sehingga rasanya lebih manis tetapi tetap sehat. Atau Anda juga bisa jadikan sebagai camilan di pagi hari.

7. Telur

Telur terkenal sebagai makanan bernutrisi dan sebagai sumber energi. Telur mengandung banyak protein yang berkualitas tinggi. Juga terdapat lemak sehat yang bisa membuat kenyang lebih lama. Kandungan lainnya juga vitamin dan mineral termasuk zat besi, kolin, vitamin D dan vitamin B12.

Mengolah telur untuk sarapan juga sangat mudah. Bisa direbus, digoreng, dibuat omelet atau orak-arik. Jangan lupa konsumsi berikut kuning telurnya, karena bagian ini sangat bernutrisi.

Baca Juga : Menurut Ahli Gizi, Sarapan Sebaiknya Disantap 2 Jam Setelah Bangun Tidur

Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)