7 Resep Infused Water untuk yang Malas Minum Air Putih

Abdul Jalil - detikFood Sabtu, 14 Sep 2019 06:28 WIB
7 Resep Infused Water untuk yang Malas Minum Air Putih/Foto: Istimewa 7 Resep Infused Water untuk yang Malas Minum Air Putih/Foto: Istimewa
Jakarta - Infused water merupakan air putih dengan campuran potongan buah atau herbal. Tapi seberapa penting dan apa saja manfaat infused water untuk tubuh?

Infused Water sudah populer sejak awal tahun 2016, dan diyakini banyak orang bisa membersihkan racun di dalam tubuh (detox), bahkan dapat menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Dokter Gizi Dr Tan Shot Yen, menyatakan kaitan infused water dengan detoks tubuh. Ia mengatakan, "Istilah detoks tidak pernah ada di dunia medis. Tubuh manusia sudah dikaruniai 5 organ untuk 'membersihkan tubuh,'" tuturnya.

Dokter yang mengambil pendidikan S3 Gizi Komunitas ini menyebut paru-paru, ginjal, kulit, usus besar, dan hati memiliki fungsi detoks masing-masing. Dengan kata lain, tubuh manusia sebenarnya tak membutuhkan asupan makanan atau minuman tertentu untuk menyingkirkan racun-racun dalam tubuh.

Artinya, meskipun dicampurkan dengan potongan buah, bukan berarti air tersebut mengandung mikronutrien. Namun, bagi mereka yang tidak suka dengan air putih biasa tanpa rasa dan aroma, infused water ini dijadikan strategi untuk memenuhi kebutuhan konsumi air dalam tubuh.

Nah, berikut ini resep infused water, minuman segar untuk keseharianmu yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Semangka

7 Resep Infused Water untuk yang Malas Minum Air Putih7 Resep Infused Water untuk yang Malas Minum Air Putih/Foto: Istimewa


Semangka kaya akan vitamin dan mineral serta merupakan sumber yang baik untuk menyingkirkan racun dari tubuh kamu. Tambahkan buah ini ke air minum untuk menikmati manfaat detoksifikasinya.

Potong dadu semangka dan tambahkan ke dalam air. Simpanlah dalam lemari es selama beberapa jam sebelum kamu bisa menikmati infused semangka ini.

2. Jahe dan Lemon

Jahe dikenal karena mampu meredakan rasa sakit. Canpurkan jahe dengan lemon agar mendapatkan hasil sempurna.

Untuk membuatnya, kamu tinggal mempersiapkan sebotol air dan menambahkan air lemon dari separuh buah serta separuh jahe yang diparut. Pastikan bahwa jahe yang kamu pakai masih segar. Ini akan menjadi pemulai hari yang sempurna, sesuatu yang bisa dikonsumsi pertama kali di pagi hari. Lemon, tentu saja, akan membantu mengenyahkan racun.

3. Timun

7 Resep Infused Water untuk yang Malas Minum Air PutihFoto: Istimewa


Kamu bisa membuatnya dengan cara mengiris tipis mentimun lalu masukan ke tempat minum. Bisa juga kamu tambahkan lemon agar segar. Kamu juga bisa memasukkan air mentimun ke kulkas agar lebih dingin.

4. Nanas dan Daun Mint

Kupas dan iris tipis buah nanas ukuran sedang. Semakin tipis buah nanas yang diiris, maka rasa yang dihasilkan akan semakin kuat. 4-6 Daun mint segar, sedikit dihancurkan agar aromanya keluar.

Masukkan dalam sebuah wadah botol minum dan tambahkan air matang. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam agar sari buah nanas dan daun mint keluar.

5. Blackberry dan Jeruk

Blackberry hitam yang kecil-kecil dapat ditambahkan sesuai selera dan jangan lupa untuk memotong jeruk tetap dengan kulitnya. Ternyata, kulitnya juga sangat berguna untuk tubuh. Sedangkan, langkah selanjutnya sama dengan resep di poin pertama, boleh ditutupi es batu atau tidak.

6. Stoberi, Lemon, dan Daun Mint

7 Resep Infused Water untuk yang Malas Minum Air PutihFoto: Istimewa


Untuk langkah langkahnya yaitu persiapkan tiga bahan utama yaitu stroneri, lemon, dan daun mint. Langkah selanjutnya adalah potong kecil kecil stoberi dan potong memanjang untuk lemon. Sedangkan, untuk daun mint dapat digunakan per daunnya. Lalu, tutupi bahan bahan tersebut dengan es batu sehingga infused water menjadi lebih terasa.

7. Delima, Jeruk Nipis, dan Daun Mint

Bila tidak ada lemon dapat digantikan dengan jeruk nipis. Seperti kreasi infused water satu ini yang terdiri atas delima, jeruk nipis, dan mint. Buah delima membuat kemerahan pada air infused dan terasa sari dari buah ini.


Simak Video "Resep Jus Wortel hingga Ceker Mercon Paling Dicari Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/odi)