13 Manfaat Buah Pisang, Si Kuning yang Kaya Potasium

Virgina Maulita Putri - detikFood Jumat, 13 Sep 2019 14:00 WIB
13 Manfaat Buah Pisang, Si Kuning yang Kaya Potasium Foto: Istimewa 13 Manfaat Buah Pisang, Si Kuning yang Kaya Potasium Foto: Istimewa
Jakarta - Siapa yang tidak suka buah pisang? Buah yang biasa ditemukan dengan kulit berwarna hijau atau kuning ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan karena bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.

Untuk kalian yang suka makan pisang, kini ada alasan lain untuk lebih sering makan pisang. Pasalnya, buah ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.



Berikut adalah 13 manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum detikFood dari berbagai sumber.

1. Mengandung Banyak Nutrisi Penting

Pisang mengandung banyak nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan tubuh. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung potasium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, mangan, serat, dan protein.

2. Bisa Memoderasi Kadar Gula Darah

Pisang juga mengandung pectin dan zat pati resistan yang bisa memoderasi kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan pati resistan dalam buah pisang bisa dikonsumsi oleh bakteria baik yang ada di usus besar. Selain itu, pectin yang merupakan bentuk serat juga juga berpotensi mencegah kanker usus.

4. Cocok untuk Diet

Belum ada studi yang meneliti efek dari pisang untuk menurunkan berat badan. Tapi buah ini sangat cocok untuk diet karena kalorinya yang hanya sekitar 100 kalori tapi sangat bernutrisi dan mengenyangkan.

Selain itu, kandungan pati resistan di pisang yang belum matang juga bisa mengurangi nafsu makan dan membuat perut merasa lebih cepat kenyang.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pisang mengandung dua mineral yang bisa meningkatkan kesehatan jantung yaitu potasium dan magnesium dalam kadar yang cukup tinggi. Potasium sendiri sudah terbukti sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Orang yang mengonsumsi cukup potasium memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih rendah 27%.

13 Manfaar Buah Pisang, Si Kuning yang Kaya Potasium13 Manfaar Buah Pisang, Si Kuning yang Kaya Potasium Foto: Istimewa


6. Mengandung Antioksidan

Pisang mengandung beberapa jenis antioksidan seperti dopamin dan catechins. Antioksidan ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit turunan.

7. Cocok untuk Asupan Berolahraga

Dengan memakan pisang sebelum berolahraga kalian bisa mengurangi rasa kram dan nyeri otot yang biasa muncul saat berolahraga. Selain itu, pisang juga bisa menjadi bahan bakar yang cocok untuk mentenagai olahraga berat.

8. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Studi menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi pisang 4-6 kali dalam seminggu memiliki kemungkinan terkena penyakit ginjal 50% lebih rendah dibanding orang yang tidak mengonsumsi pisang.

9. Manfaat untuk Ibu Hamil

Ini bukan manfaat kesehatan, tapi sebuah studi yang dilakukan oleh The Royal Society menemukan bahwa kandungan potasium dalam pisang ada kaitannya dengan ibu hamil melahirkan bayi laki-laki.

Studi tersebut meneliti 740 wanita dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi banyak potasium sebelum hamil memiliki potensi lebih besar untuk melahirkan bayi laki-laki dibanding wanita yang tidak.



10. Mengatasi Penuaan Dini

Tidak hanya manfaat kesehatan, pisang juga memiliki banyak manfaat kecantikan. Pisang mengandung vitamin B, vitamin C dan asam amino yang bisa mengatasi penuaan dini, menjaga elastisitas kulit dan mengurangi kerutan di wajah.

11. Mengatasi Mata Bengkak

Mengonsumsi pisang bisa mengatasi mata yang bengkak dan kantung mata. Pasalnya kandungan potasium bisa melawan garam di dalam tubuh yang mengakibatkan retensi cairan di beberapa area seperti kantung mata.

12. Melawan Jerawat

Pisang dan kulitnya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat di wajah. Kalian bisa mengusapkan bagian dalam kulit pisang langsung di jerawat untuk mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab jerawat.

13. Menenangkan Kulit yang Digigit Nyamuk

Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan lainnya adalah kemampuannya untuk menenangkan kulit yang digigit nyamuk. Kulit yang digigit nyamuk biasanya meninggalkan bentol yang cukup besar dan gatal.

Cukup usap bagian dalam kulit pisang di kulit yang digigit nyamuk untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi.

Simak Video "Bikin Laper Edisi Pedas Sambal 'Devil' Hingga Makanan Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)