Meski Sepele, 5 Kesalahan Ini Sering Terjadi Saat Mengolah Ubi Jalar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 09 Sep 2019 15:50 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ubi jalar adalah sumber karbohidrat enak, murah, dan mudah didapat. Agar nutrisinya maksimal dan rasanya enak, perhatikan cara memilih hingga mengolah ubi jalar.

Ubi jalar atau Ipomoea batatas konon ditemukan 8.000 tahun lalu di Amerika. Tapi ubi jalar juga mudah tumbuh dan dikonsumsi banyak orang Indonesia. Dengan tekstur empuk dan rasa manis, ubi jalar kerap jadi pilihan camilan sehat.

Mengolah ubi jalar juga mudah. Salah satu yang paling sering dipraktekkan adalah dengan merebus atau memanggangnya. Meski identik sebagai makanan 'ndeso', siapa sangka ubi jalar rebus memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan banyak orang di negara Barat menggolongkan ubi jalar sebagai superfood.

Mereka menggunakan ubi jalar sebagai alternatif kentang yang dianggap lebih tinggi serat. Konsumsi ubi jalar juga memiliki banyak manfaat sehat lain seperti mencegah kanker, menghindari stress, hingga menyehatkan mata karena tinggi vitamin A.

Supaya seluruh manfaat sehat ubi jalar bisa dirasakan dengan maksimal dan rasanya enak, Anda perlu memperhatikan beberapa hal saat mengolahnya. Hindari beberapa kesalahan seperti yang diungkap Taste of Home (9/9) berikut. (adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com