Jelang Haid Konsumsilah 7 Makanan Ini Agar Tak Alami Kram Perut

Riska Fitria - detikFood Minggu, 08 Sep 2019 09:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Beberapa hari jelang haid biasanya wanita alami Premenstrual Syndrome (PMS). Gangguan berupa mood buruk hingga kram perut bisa diredam dengan makanan enak ini.

Banyak gejala yang dialami wanita jelang haid. Mulai dari nyeri, kepala pusing, perut kram atau bahkan bisa membuat emosi menjadi kurang stabil. Gangguan ini normal karena merupakan dampak dari kinerja hormon menjelang atau selama haid.

Sebagian wanita memilih minum obat pereda nyeri haid untuk mengatasi masalah sakit perut dan kram. Padahal banyak makanan enak, sehat dan kaya nutrisi yang baik dikonsumsi jelang atau selama haid. Karena bisa meredam gejalanya secara alami.

1. Yogurt Rendah Lemak
Jelang Haid Konsumsilah  7 Makanan Ini Agar Tak Alami Kram PerutFoto: iStock

Dalam yogurt rendah lemak terdapat kandungan kalsium yang tinggi, karena merupakan produk olahan susu. Makanan yang mengandung kalsium sangat baik dikonsumsi untuk wanita yang mengalami PMS. Menurut penelitian di Universitas Massachusetts di Amherst wanita yang mengasup kalsium apalagi dengan tambahan vitamin D mengalami risiko kram perut saat PMS lebih rendah sebanyak 40%. Konsumsi yogurt dua kali selama haid. Pilih yogurt tawar dan rendah lemak.

2. Brokoli
Jelang Haid Konsumsilah  7 Makanan Ini Agar Tak Alami Kram PerutFoto: Istimewa

Sayuran hijau ini memiliki banyak nutrisi yang telah terbukti dapat membantu meredam gejala PMS. Seperti vitamin A, C, B6, kalsium, kalium, dan magnesium. Nutrisi tersebut yang berperan mengatur efek dari naik turunnya hormon. Selain itu juga terdapat kandungan serat yang baik pada brokoli yang dapat mengatur kadar estrogen dan sistem pencernaan. Makan brokoli sebagai lalap rebus, tumisan, sup, campuran salad atau jus sayur.

3. Selai Kacang
Jelang Haid Konsumsilah  7 Makanan Ini Agar Tak Alami Kram PerutFoto: iStock

Selai kacang merupakan sumber vitamin B6 dan magnesium yang baik. Magnesium tersebutlah yang berperan aktif dalam mengatur serotonin atau zat yang mengatur rasa senang pada otak. Dengan mengasup magnesium akan memengaruhi mood yang anjlok saat haid. Supaya tidak menambah berat badan, ada baiknya ngemil kacang tanah sangrai atau panggang tanpa campuran garam.

Baca Juga : Benarkah Makan Pisang Bisa Atasi Kram Saat Menstruasi?

4. Pisang
Jelang Haid Konsumsilah  7 Makanan Ini Agar Tak Alami Kram PerutFoto: Istimewa

Saat perut terasa kram, cobalah untuk mengonsumsi buah pisang. Buah dengan kulit berwarna kuning ini memiliki kandungan berupa vitamin B6 dan potasium yang membantu untuk menghentikan kram di perut dan juga menahan air sehingga perut tidak kembung. Jika Anda alergi dengan buah ini, ganti saja dengan buah jeruk. Buah jeruk juga memiliki kandungan nutrisi yang sama baiknya seperti pisang.

5. Dark Chocolate
Jelang Haid Konsumsilah  7 Makanan Ini Agar Tak Alami Kram PerutFoto: Istock

Pilihlah cokelat jenis dark chocolate tanpa tambahan gula dan susu. Cokelat ini mengandung sederet nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh terlebih saat menjelang haid. Nutrisi tersebut antara lain seperti kalsium, vitamin E dan B6, magnesium serta omega-3 juga asam lemak. Semua nutrisi tersebut ampuh meringankan rasa sakit selama haid.

6. Telur
Jelang Haid Konsumsilah  7 Makanan Ini Agar Tak Alami Kram PerutFoto: iStock

Telur mengandung vitamin D, B6, dan 3 yang bisa meredam gejala PMS. Selain itu juga mengandung zat besi yang dapat menggantikan sel darah merah yang hilang kala haid. Sedangkan kandungan proteinnya berperan untuk mengatur siklus menstruasi. Dengan mengonsumsi telur akan membantu menjaga sistem hormonal dengan baik sehingga daya konsentrasi tetap fokus saat sedang menstruasi.

7. Teh Cammomile
Jelang Haid Konsumsilah  7 Makanan Ini Agar Tak Alami Kram PerutFoto: iStock

Teh cammomile ternyata memiliki sifat yang membantu meredakan kram otot saat menstruasi. Terdapat zat antiinflamasi dan zat relaksasi pada teh Cammomile. Zat itulah yang mengurangi rasa kembung dan kram nyeri saat menstruasi.

Terlebih pada zat relaksasi yang juga dapat memperbaiki mood agar lebih stabil kala menstruasi. Pilihlah teh cammomile yang tanpa kandungan kafein, karena kafein bisa menyebabkan nyeri pada payudara dan akan membuat lebih sensitif.

Baca Juga : Ngidam Makanan Saat Haid? Ternyata Ada Alasan Ilmiahnya Lho https://food.detik.com/info-sehat/d-3696354/ngidam-makanan-saat-haid-ternyata-ada-alasan-ilmiahnya-lho

Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com