Terbukti Anak Juga Berperan Membuat Orang Tua Jadi Gemuk

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 06 Sep 2019 17:50 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Banyak orang tua berjuang menurunkan berat badan, namun hal sulit berhasil. Salah satunya mungkin karena seringnya habiskan makanan anak.

The Sun (27/8) melaporkan sebuah studi baru di Inggris mengungkapkan bahwa orang tua telah mengasup tambahan 443 kalori dalam seminggu dari kebiasaan mengonsumsi sisa makanan anak-anak mereka. Alasannya karena para orang tua tidak ingin membuang makanan.

Namun meskipun demikian, terbukti 29 persen mengatakan, para orang tua makan makanan sisa anaknya tanpa berpikir. Sementara 27 persen mengatakan mereka makan sisa makanan anak karena rasanya sangat enak dan 26 persen mengatakan mereka sedang merasa lapar. Sementara hanya 28 persen orang tua yang mengatakan tidak pernah memakan sisa makanan anak-anaknya.
Terbukti Anak Juga Berperan Membuat Orang Tua Jadi GemukFoto: iStock

Penelitian ini juga menunjukkan para orang tua di Inggris telah tingkatkan konsumsi kalori sebesar 506 kalori ketika masa liburan sekolah, yang biasanya hanya 443 kalori ekstra setiap minggunya.

Hal ini terbukti karena peneliti telah menyurvei 3.003 orang tua dan berfokus kepada mereka yang makan makanan sehat. Survei ini bisa terjadi setelah ada seorang pria mengaku bahwa ia menjadi sangat gemuk setelah sering makan sisa makanan anak-anaknya.

Ketika survei ini berjalan, seorang juru bicara mengatakan, "Makan makanan sehat adalah perubahan gaya hidup, bukan diet. Survei ini mendorong konsumen untuk fokus pada apa yang mereka makan, yang ada di depan mereka. Serta fokus kepada porsi makan tanpa peduli dengan sisa makanan anaknya, dan mendorong konsumen untuk mendengarkan tubuh mereka dan menentukan kapan mereka benar-benar lapar atau kenyang."
Terbukti Anak Juga Berperan Membuat Orang Tua Jadi GemukFoto: iStock

Namun menurut Martina Della Vedova, ahli gizi Natures Plus, terkadang sisa makanan mampu mengecilkan pinggang Anda. Semua tergantung pada jenis makanannya. Menurutnya, jika makanan seperti salmon yang dimasak dalam oven dengan salad hijau, tentu sisa makanan ini sangat bagus. Tetapi jika sisa makanannya berupa pizza, tentu sangat berisiko.

Della menyarankan untuk tetap makan makanan yang kaya serat, antioksidan, serta protein dan lemak yang baik. Jika Anda ingin mendapatkan makanan yang sehat dan memuaskan, Anda bisa merebus atau membuat roti gandum dengan dan jus hijau.

Baca Juga: 5 Cara Praktis dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Simak Video "Bikin Laper Edisi Pedas Sambal 'Devil' Hingga Makanan Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)