Kendalikan Kolesterol dan Gula Darah, 7 Khasiat Sehat Bawang Merah

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 06 Sep 2019 10:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bukan sekedar bumbu yang melezatkan makanan, bawang merah juga berkhasiat dapat tingkatkan sirkulasi darah dan kesehatan jantung.

Hampir semua makanan Indonesia menggunakan bawang merah sebagai salah satu bumbu masakannya. Bawang merah memang bumbu dasar yang tidak boleh terlewatkan ketika masak. Tidak hanya membuat makanan menjadi lebih sedap dan kaya rasa, bawang merah ternyata juga mempunyai manfaat sehat. Seperti 7 manfaat dari bawang merah yang telah dilansir dari Bold Sky (9/8).

1. Meningkatkan sirkulasi darah
Kendalikan Kolesterol dan Gula Darah, 7 Khasiat Sehat Bawang MerahFoto: iStock

Bawang merah kaya akan zat besi, tembaga, dan kalium, Konsumsi bawang merah dapat membantu merangsang produksi sel darah merah. Karena itu dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah , meningkatkan energi dan juga meningkatkan pertumbuhan sel.

2. Mengendalikan kolesterol

Bawang merah mengandung senyawa yang disebut allicin, yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa ini menghasilkan enzim yang disebut reductase yang diproduksi pada hati, sehingga dapat membantu mengendalikan produksi kolesterol.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Senyawa allicin yang ada pada bawang merah dikatakan dapat mengelola kolesterol, sehingga juga akan meningkatkan kesehatan jantung. arena kadar kolesterol rendah dalam tubuh dapat membantu mencegah timbulnya aterosklerosis, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

4. Kurangi tekanan darah
Kendalikan Kolesterol dan Gula Darah, 7 Khasiat Sehat Bawang MerahFoto: iStock

Kaya akan potasium dan allicin, kombinasi keduanya berperan sebagai vasodilator, yang dapat meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh dan secara langsung dapat berdampak pada tingkat tekanan darah tinggi. Potasium juga dapat membantu relaksasi dinding pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

5. Kontrol diabetes

Allium dan allyl disulfide, dua senyawa fitokimia yang ditemukan dalam bawang merah ini memiliki sifat anti-diabetes. Senyawa ini membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

6. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan asam gamma-aminobutyric dalam bawang merah adalah neurotransmitter yang memiliki dampak langsung pada relaksasi otak Anda. Bukan hanya itu, berbagai mineral dan vitamin yang ditemukan dalam bawang merah, termasuk piridoksin dikatakan dapat meningkatkan fungsi yang sama, menenangkan saraf Anda dan mengurangi stres.

7. Pertahankan kepadatan tulang
Kendalikan Kolesterol dan Gula Darah, 7 Khasiat Sehat Bawang MerahFoto: iStock

Bawang merah kaya akan kalsium, sehingga bermanfaat untuk mempertahankan serta meningkatkan kepadatan tulang Anda. Mengonsumsi bawang merah secara teratur dikatakan akan menghasilkan terbaik untuk kesehatan tulang Anda.

Baca Juga: Bawang Merah Sakato dari Solok, Lebih Besar dan Harum Aromanya



Simak Video "Eitss... Jangan Sepelekan Bawang Merah Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)