Mau Makan Sushi Tapi Lagi Diet? Ini Cara Sehat Menyiasatinya

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 28 Agu 2019 11:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak perlu khawatir dengan berat badan jika ingin makan sushi. Ini tips menyantap sushi supaya berat badan tak naik. Wajib diketahui para pencinta sushi!

Sushi merupakan makanan Jepang yang kini mendunia. Popularitasnya sampai banyak negara termasuk Indonesia. Isian sushi menjadi daya tarik tersendiri dalam mencicipi makanan asal negeri sakura itu.

Karena dibuat dari bahan mentah, sushi sering disebut menu tidak sehat. Padahal jika Anda perhatikan tips yang telah dilansir dari Shape (26/8) ini, Anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan tubuh Anda setelah konsumsi sushi. Ada juga tips soal mengonsumsi sushi agar berat badan tak naik.

Baca Juga: Bisa Makan Sushi Sepuasnya di 5 Resto All You Can Eat Ini

Mau Makan Sushi Tapi Lagi Diet? Ini Cara Sehat MenyiasatinyaFoto: Istimewa

1. Pesan salmon dan tuna

Carol Ann Rinzler, penulis Nutrition for Dummies mengatakan bahwa sushi adalah makanan yang rendah lemak.

"Untuk mendapatkan manfaat dari sushi, pilih potongan yang kaya omega-3 dan lemak tak jenuh, supaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan kekuatan otak," kata Rinzler. Dia menyarankan untuk pesan sashimi salmon dan tuna, karena menurutnya menu inilah yang paling sehat untuk dipesan. Keduanya rendah kalori (40 kalori per ons untuk salmon dan 42 untuk tuna), tinggi protein dan omega-3, dan juga mengandung vitamin D, nutrisi utama dalam penurunan lemak.

2. Makan wasabi

"Wasabi mengandung antioksidan seperti isothiocyanate, senyawa beraroma tajam yang memberi brokoli manfaat anti-kanker," kata Rinzler. Menurutnya wasabi memiliki manfaat, meskipun Anda hanya memakannya sedikit.

3. Tidak makan menu yang goreng

Margaux J. Rathbun selaku praktisi terapi nutrisi mengatakan jangan makan "gulungan renyah" yang merujuk pada sushi yang memakai adonan gorengan. Begitu juga dengan tempura yang dipenuhi tepung goreng. Sebaiknya pilih sushi yang diolah dengan minim proses dan bumbu.

Mau Makan Sushi Tapi Lagi Diet? Ini Cara Sehat MenyiasatinyaFoto: iStock

4. Makan yang dikukus, panggang, atau mentah

"Pesanlah menu yang hanya dikukus atau dipanggang," kata Rathbun. "Salah satu pilihan sushi favorit saya adalah sashimi karena benar-benar hanya menggunakan daging ikan tanpa nasi atau bahan tambahan."

5. Makan sayurannya

Melahap sushi isi sayuran juga merupakan pilihan yang baik dan sehat. "Banyak restoran sushi menyertakan pilihan vegetarian pada menu mereka dengan bahan-bahan seperti mentimun segar, alpukat, dan rumput laut," kata Rathbun.

"Rumput laut juga merupakan makanan sehat penuh dengan nutrisi seperti vitamin K, magnesium, dan folat," tambahnya.

6. Mintalah nasi cokelat

Menurut Rathbun, Anda bisa meminta sushi berbahan beras cokelat di beberapa restoran. "Ada banyak serat dalam beras cokelat, yang dapat menjaga pencernaan yang sehat dan buang air besar secara teratur. Beras cokelat juga merupakan sumber mangan, selenium, dan magnesium," tambahnya.

Mau Makan Sushi Tapi Lagi Diet? Ini Cara Sehat MenyiasatinyaFoto: iStock

7. Makan jahenya

Tumpukan kecil jahe yang ada di piring dan dijadikan hiasan sushi itu, ternyata perlu dimakan.

"Jahe membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai antimikroba dan antivirus yang efektif," kata Rathbun. "Ini juga merupakan sumber potasium, magnesium, tembaga, dan mangan yang baik."

8. Kurangi kecap asin

Katie Clark, ahli diet terdaftar di San Diego, menyarankan pengunjung sushi untuk meminta kecap rendah garam. Meskipun kecap ini hanya mengandung 25 persen lebih sedikit garam daripada kecap biasa, setidaknya lebih sehat.

9. Gunakan sumpit

Dengan menggunakan sumpit, dapat membantu Anda makan lebih lambat daripada menyendok makanan dengan garpu atau sendok yang sangat mudah digunakan, kata Clark.

Dengan menjadikan diri sendiri makan dengan penuh kesadaran adalah cara terbaik supaya benar-benar merasa kenyang, merangsang pencernaan yang sehat, dan dapat menikmati makanan.

Mau Makan Sushi Tapi Lagi Diet? Ini Cara Sehat MenyiasatinyaFoto: iStock

10. Jangan makan mayonnaise

"Mintalah menu yang tidak mengandung keju mayonnaise atau krim keju, yang artinya itu bukan sushi tradisional," kata Clark.

11. Makan soba

"Cobalah hidangan dengan mie soba, yang terbuat dari gandum utuh," kata Clark. "Soba adalah alternatif tinggi serat dan protein yang tinggi untuk nasi putihnya."

12. Pilih sashimi

Janel Ovrut Funk, ahli diet yang berbasis di Boston, mengingatkan bahwa setiap gulungan sushi memiliki sekitar satu kepal nasi putih di dalamnya, yang dapat menambah banyak kalori ekstra jika Anda makan banyak gulungan. Sebab satu kepal nasi memiliki sekitar 200 kalori.

Solusinya, Anda bisa memesan sashimi (potongan ikan mentah tanpa nasi) dibandung sushi roll yang memakai nasi dalam pembuatannya.

Mau Makan Sushi Tapi Lagi Diet? Ini Cara Sehat MenyiasatinyaFoto: iStock

13. Makan sup miso terlebih dahulu

Sebelum memakan sushi, lebih baik Anda memakan sup miso terlebih dahulu karena dapat membantu Anda lebih kenyang tanpa mengasup banyak kalori. Secangkir sup miso memiliki kurang dari 75 kalori, menurut Ovrut Funk.

14. Perhatikan jumlah pesanan Anda

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, pastikan memiliki porsi yang tepat. Porsi yang tepat untuk sushi yaitu satu gulungan atau enam potong, kata Ovrut Funk.

"Jika Anda masih merasa lapar, lebih baik Anda memakan salad dan sup miso."

Baca Juga: Makan Ikan Mentah Aman Atau Berbahaya Bagi Kesehatan



Simak Video "Bikin Laper Edisi Pedas Sambal 'Devil' Hingga Makanan Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)