Apakah Warna Kuning Telur Pucat dan Oranye Beda Nutrisinya?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 25 Agu 2019 08:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kuning telur ayam ada yang berwarna kuning pucat, kuning terang hingga oranye. Apakah warna ini menunjukkan kandungan nutrisinya?

Mungkin Anda sering menemui warna kuning telur yang berbeda saat memecahkan telur. Sementara orang ada yang percaya kuning telur yang lebih oranye mengandung lebih banyak nutrisi. Belum lagi di pasaran banyak jenis telur ayam. Telur ayam ras, telur ayam dengan omega 3, telur vegetarian, telur ayam kampung dan telur rendah lemak dan kolesterol.

Telur terdiri dari putih dan kuning telur. Sumber nutrisi telur berpusat pada kuning telur. Karena kuning telur dipersiapkan sebagai tempat tumbuh kembang anak ayam. Kuning telur mengandung lemak, kalori, vitamin dan mineral.


Apakah  Warna Kuning Telur Pucat dan Oranye Beda Nutrisinya?Foto: iStock


Warna kuning telur ayam sama sekali tak ada kaitan dengan kandungan nutrisi maupun rasanya. Meskipun kuning telur dengan warna kuning berbeda tergantung pada pola makan ayam betina. Tak ada hal lain dalam makanan yang mempengaruhi kuning telur.

Warna kuning telur oranye kemerahan biasanya dihasilkan oleh ayam betina yang menjalani pola makan gizi seimbang dan sehat. Atau dikenal sebagai ayam kampung liar. Mereka diberi pakan rumput dan dilepas bebas. Karenanya mereka bisa makan cacing, ulat, belalang, lebah dan laba-laba.

Pakan ini kaya akan carotenoids yang memberi warna oranye hingga merah pada kuning telur. Tetapi ayam jenis lain juga bisa menghasilkan kuning telur berwarna oranye asalkan diberikan pakan bernutrisi.

Apakah  Warna Kuning Telur Pucat dan Oranye Beda Nutrisinya?Foto: iStock


Sedangkan rata-rata kuning telur berwarna oranye muda hingga kuning. Biasanya telur ini dihasilkan oleh ayam betina yang punya pola makan vegetarian. Ayam diberi pakan biji-bijian seperti jagung, tauge, kacang-kacangan yang kaya akan pigmen xanthophylis. Pigmen ini yang memberi warna kuning pada tanaman dan hewan.

Tetapi seringkali kita menemukan kuning telur ayam yang warnanya kuning pucat nyaris putih. Telur ayam ini dihasilkan oleh ayam yang diberi pakan rendah xanthophylis seperti gandum, cornmeal dan cantel.

Apakah perbedaan warna kuning telur ini ada efeknya untuk kesehatan? Biasanya telur yang dihasilkan oleh ayam yang diberi pakan bernutrisi ukuran telurnya lebih besar, juga kuning telurnya. Dalam segi nutrisi, telur ayam dengan kuning telur berwarna oranye kemerahan mengandung vitamin A dan C serta asam lemak omega yang lebih tinggi. Meskipun secara umum kandungan nutrisi sebutir telur kurang lebih sama.

Apakah  Warna Kuning Telur Pucat dan Oranye Beda Nutrisinya?Foto: istimewa


Selain warna kuning telur yang berbeda, kulit telur ayam juga punya warna berbeda. Ada yang putih, krem dan ada yang cokelat gelap. Tidak seperti warna kuning telur, warna kulit telur ayam tak tergantung pada pakan ayam betina. Telur ayam berkulit putih dihasilkan oleh induk ayam berbulu putih. Sementara yang cokelat dari induk berbulu cokelat.

Meskipun kulit telur dan kuningnya berbeda warnanya kandungan nutrisi telur juga tergantung pada cara mengolahnya. Anda bisa tambahkan sayuran, keju dan bahan lainnya agar telur lebih kaya nutrisi.



Simak Video "Gurih Laksa Bihun hingga Pedas Mee Goreng Mamak yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)