Resep Smoothies Bayam Pisang untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Agu 2019 08:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan cara alami. Salah satunya dengan meracik smoothies enak berbahan bayam dan pisang.

Tekanan darah tinggi adalah penyakit kardiovaskular paling umum di seluruh dunia. Penyakit ini ditandai dari naiknya kadar tekanan darah sehingga kalau dibiarkan bisa memicu stroke.

Resep Smoothies Bayam Pisang untuk Atasi Tekanan Darah TinggiFoto: iStock

Tekanan darah normal berada di kisaran 120/80 mmHg. Untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal, seseorang harus mengatur pola makannya. Hindari makanan yang tinggi garam atau makanan yang digoreng.

Sebaliknya, seseorang harus banyak mengasup makanan tinggi potassium. Sebab potassium bantu menghilangkan efek negatif konsumsi terlalu banyak sodium lewat urin. Dari semua buah, pisang termasuk paling tinggi kandungan potassium. Tiap ratusan gram pisang mengandung hingga 358 mg potassium.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Resep Smoothies Bayam Pisang untuk Atasi Tekanan Darah TinggiFoto: iStock

Sementara dari golongan sayuran, ada bayam yang tinggi potassium. Sayuran hijau berdaun ini mengandung 558 mg potassium tiap ratusan gramnya. Secara keseluruhan, bayam juga baik untuk kesehatan jantung.

Buku 'Healing Foods' keluaran DK Publishing House mencatat, "Bayam mengandung lebih dari selusin senyawa flavonoid antioksidan berbeda yang memiliki sifat antiinflamasi untuk melindungi seseorang dari penyakit jantung dan membantu menetralisir radikal bebas yang membahayakan sistem kekebalan tubuh dan terkait kanker."

Untuk mendapat manfaat maksimal, tak ada salahnya menggabungkan pisang dan bayam dalam racikan smoothies enak. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Resep Smoothies Bayam Pisang untuk Atasi Tekanan Darah TinggiFoto: iStock

Bahan
2 pisang Cavendish yang sudah dikupas
30 g daun bayam

3 sdm jus jeruk

Cara membuat
1. Haluskan pisang dan jus jeruk di dalam blender
2. Tambahkan bayam dan proses lagi dalam blender hingga halus
3. Kalau terlalu kental, tambahkan air dan proses lagi dalam blender
4. Sajikan smoothies. Kalau suka, bisa ditambahkan topping flaxseeds atau biji labu yang menyehatkan.

Baca Juga: 3 Minuman yang Ampuh Untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi


Simak Video "Mencoba Lembutnya Kopi Mangrove"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)