Gempur Lemak di Perut dengan Sarapan Kacang Enak Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 21 Agu 2019 07:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menambahkan satu jenis kacang enak ini saat sarapan bisa bantu turunkan berat badan. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian.

Selain olahraga, usaha penurunan berat badan perlu dibarengi konsumsi makanan yang tepat. Urusan makan pagi atau sarapan, cobalah menambahkan satu jenis kacang enak ini ke dalam menu Anda.

Dikutip dari Express (20/8), peneliti menyebut kacang pistachio sebagai bahan makanan yang bisa diandalkan untuk menggempur lemak di perut. Kalori per buah pistachio hanya 3 kkal saja, jauh lebih rendah dari almond yang mencapai 14 kkal per buah.

Gempur Lemak di Perut dengan Sarapan Kacang Enak IniFoto: iStock

Pistachio juga disebut-sebut tinggi serat, lutein, mineral, dan vitamin B. Seluruh nutrisi ini sangat baik diasup di pagi hari. Apalagi serat yang bantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Kriuk Gurih Si Kacang Pistachio

Manfaat hebat terbaru dari pistachio adalah konsumsi kacang ini mampu membakar lemak di perut. Peneliti terkait memuat hasil studinya di jurnal Nutrition.

Mereka mengamati satu kelompok yang menambahkan pistachio ke dalam menu harian. Hasilnya, partisipan penelitian mengonsumsi 20 persen total kalori mereka dari kacang. Hal ini membuat konsumsi protein dan lemak baik mereka meningkat.

Gempur Lemak di Perut dengan Sarapan Kacang Enak IniFoto: iStock

Di sisi lain, konsumsi karbohidrat mereka jadi menurun. Untuk diet mereka sendiri mengandung 51 persen karbohidrat, 20 persen protein, dan 29 persen lemak.

Sementara kelompok kontrol yang tidak mengonsumsi pistachio memiliki pola makan berbeda. Berupa 60 persen karbohidrat, 15 persen protein, dan 25 persen lemak.

Setelah 6 bulan, hasil penelitian menunjukkan partisipan yang makan pistachio teratur mengalami penurunan lingkar pinggang sekitar 0,7 inch. Nilai kolesterol total mereka juga menurun hingga 15 poin.

Selain itu, partisipan di kelompok pengonsumsi pistachio memiliki kadar gula darah yang lebih baik dan lebih sedikit mengalami inflamasi berbahaya.

Gempur Lemak di Perut dengan Sarapan Kacang Enak IniFoto: iStock

Baca Juga: Ngemil Kacang Pistachio Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Lebih lanjut, sebuah studi tahun 2015 di Journal of American Heart Association menunjukkan orang yang ngemil kacang memiliki lemak perut yang lebih sedikit dibanding orang yang mengonsumsi makanan berbasis karbohidrat.

Pistachio sendiri bisa dimanfaatkan dengan beragam cara. Seperti ditambahkan dalam smoothies atau makanan yang dipanggang. Bisa juga dicampur dalam bubur, yogurt, dan langsung dimakan begitu saja.

Di luar negeri bahkan juga dijual selai pistachio yang gurih enak. Cocok dijadikan selai roti panggang di pagi hari.



Simak Video "Tinker Kitchen, Dapur untuk Para Chef Amatir"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)