Sakit Kepala Saat Makan Es Krim? Ini Cara Mengatasinya

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 12 Agu 2019 15:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ice cream headache atau brain freeze bisa terjadi saat makan es krim. Ada alasan ilmiah kenapa sakit kepala muncul ketika melahap makanan dingin ini.

Es krim tentu menjadi dessert yang digemari semua kalangan. Terlebih ketika musim panas, melahap makanan dingin seperti es krim rasanya sungguh menyegarkan.

Namun, tidak sedikit orang pernah mengalami 'brain freeze' ketika sedang menikmati es krim. Kondisi ini juga dikenal dengan ice cream headache. Umumnya terjadi saat musim panas ketika orang-orang mengandalkan konsumsi makanan dingin untuk 'mengusir' panas dan kelembapan.

Sakit Kepala Saat Makan Es Krim? Ini Cara Mengatasinya Foto: iStock

Ice cream headache sama saja dengan sakit kepala jangka pendek. Hal ini dipicu kebiasaan makan es krim atau hidangan dingin lainnya secara berlebihan.

Baca Juga: Begini Cara Benar Simpan Es Krim di Kulkas Agar Tak Ada Kristal Es

Dilansir dari Times of India (1/8), ice cream headache terjadi akibat konsumsi hidangan dingin yang membuat kapiler sinus menyempit dan mengakibatkan vasokonstriksi. Perubahan yang cepat inilah yang menciptakan tekanan di dekat saraf sehingga menyebabkan rasa sakit.

Sakit Kepala Saat Makan Es Krim? Ini Cara Mengatasinya Foto: iStock

Saat makanan yang sangat dingin menyentuh langit-langit mulut, aliran darah akan meningkat namun menyempitkan pembuluh darah hingga menyebabkan sakit kepala karena rangsangan yang dingin.

Namun jangan khawatir, ketika mengalami ice cream headache, Anda hanya perlu minum air hangat yang banyak untuk mengatasinya. Selain itu, Anda juga bisa mendorong lidah ke langit-langit mulut, yang akan membantu menghilangkan rasa sakit kepala.

Sakit Kepala Saat Makan Es Krim? Ini Cara Mengatasinya Foto: iStock

Para ahli juga mengatakan, dengan menutup mulut dan hidung dengan tangan kemudian Anda bernafas dengan cepat juga bisa membantu menghilangkan rasa pusing. Kondisi ini akan memberikan aliran udara hangat ke langit-langit mulut.

Baca Juga: Kalau Nggak Ngopi Langsung Sakit Kepala, Kenapa Ya?


Simak Video "Gurih Laksa Bihun hingga Pedas Mee Goreng Mamak yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)