Saat Galau Melanda, Redam dengan Banyak Konsumsi 5 Makanan Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 05 Agu 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kecemasan atau galau sering kali dirasakan seseorang. Perasaan ini bisa diredam dengan memperbanyak asupan makanan yang tepat.

Kecemasan sangat umum terjadi dalam hidup. Wajar bila rasa cemas menghampiri sesekali. Namun jika kecemasan sering terjadi tanpa alasan yang kuat, bisa jadi Anda mengidap gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Kecemasan memang sangat erat kaitannya dengan kondisi psikologis. Tetapi Anda tak perlu khawatir, bukan hanya terapi, ternyata kecemasan juga bisa diatasi dengan makanan yang Anda konsumsi. Dilansir dari News 18 (17/7), inilah 5 makanan yang bisa membantu meredamkan rasa cemas.

Baca Juga: Ini 5 Gangguan Makan dan Gejalanya yang Perlu Kamu Tahu

1. Telur
Saat Galau Melanda Redam dengan Banyak Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Telur dapat membantu menenangkan rasa cemas dan stress karena mengandung banyak vitamin D, protein, dan mineral. Triptofan pada telur dapat membantu menciptakan serotonin atau neurotransmitter kimia yang dapat membantu mengatur suasana hati, suasana tidur, dan perilaku, serta dapat menghilangkan kecemasan.

2. Biji labu
Saat Galau Melanda Redam dengan Banyak Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Biji labu adalah sumber bagus untuk potasium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit. Mengonsumsi bijian sehat ini juga bisa mengatur tekanan darah serta mengurangi rasa stress dan cemas.

3. Dark chocolate
Saat Galau Melanda Redam dengan Banyak Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Kakao yang ada pada dark chocolate dapat meningkatkan suasana hati serta dapat membantu mengurangi stress dan cemas. Dark chocolate kaya akan polifenol dan flavonoid yang dapat mengurangi peradangan saraf dan kematian sel di otak. Bahkan tryptophan yang ada pada dark chocolate juga dapat membantu menciptakan neurotransmitter yang mampu meningkatkan suasana hati.

4. Teh chamomile
Saat Galau Melanda Redam dengan Banyak Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Jika Anda ingin mengurangi rasa cemas, cobalah untuk minum teh chamomile. Antioksidan dari teh ini dapat mengurangi peradangan sehingga dapat berpengaruh mengurangi kecemasan. Chamomile memang telah populer di kalangan pencinta hidup sehat. Anda bisa minum teh chamomile selama delapan minggu untuk mengurangi tanda-tanda depresi atau kecemasan.

5. Yogurt
Saat Galau Melanda Redam dengan Banyak Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Jika Anda sedang mengalami rasa cemas, Anda bisa gunakan yogurt sebagai menu diet Anda. Probiotik yang ada pada yogurt dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak dengan menghentikan radikal bebas dan neurotoksin, yang dapat merusak jaringan saraf otak. Menurut salah satu penelitian, mereka yang minum yogurt dua kali sehari selama empat minggu akan memiliki fungsi otak yang lebih baik.

Baca Juga: Pria Sebaiknya Rutin Makan Yogurt Agar Terhindar dari Kanker Usus

Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)