Sedang Flu? Redakan dengan 5 Racikan Teh Alami Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 03 Agu 2019 06:30 WIB
Foto: Tiap tahun, ada kemungkinan bahwa jenis flu baru bisa berubah menjadi pandemic sebelum vaksin berikutnya mampu diproduksi. (Foto: KatarzynaBialasiewicz / iStockphoto) Foto: Tiap tahun, ada kemungkinan bahwa jenis flu baru bisa berubah menjadi pandemic sebelum vaksin berikutnya mampu diproduksi. (Foto: KatarzynaBialasiewicz / iStockphoto)
Jakarta - Flu yang disertai demam, batuk dan pilek sangat mengganggu. Selain menelan obat, racikan teh hangat dengan rempah bisa jadi obat alami.

Musim kemarau dengan udara kering dan panas membuat daya tahan tubuh cepat menurun. Tubuhpun mudah terserang flu. Jika sudah merasakan gejala flu seperti pilek dan batuk, Anda bisa redalan dengan racikan teh ditambah beberapa rempah alami. S

Sebaiknya gunakan teh daun yang berkualitas bagus. Bisa jenis teh hitam atau teh hijau. Tambahan rempah-rempah yang kaya manfaat sehat bisa membantu tubuh memerangi virus flu. Seperti beberapa bahan yang sudah terkenal khasiatnya ini.


Sedang Flu? Redakan dengan 5 Racikan Teh Alami IniFoto: iStock


1. Jahe

Rempah dalam bentuk rimpang ini populer karena rasa pedasnya. Jahe mampu merangsang keluarnya keringat sehingga meredam demam. Juga melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh lebih segar.

Untuk membuat teh jahe. Rebus air seukupnya dengan beberapa potong jahe hingga mendidih beebrapa saat. Selanjutnya gunakan air jahe ini untuk menyeduh daun teh. Nikmati selagi masih hangat.

Sedang Flu? Redakan dengan 5 Racikan Teh Alami IniFoto: Thinkstock


2. Daun Mint

Daun mint atau mentol punya rasa pedas dingin yang melegakan tenggorokan. Daun ini kaya akan vitamin C yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Daun mint bisa direbus langsung untuk dinikmati airnya. Aau tambahkan dengan daun teh kering. Biarkan beberapa saat hingga larut. Sebagai pemanis bisa ditambahkan madu.

Sedang Flu? Redakan dengan 5 Racikan Teh Alami IniFoto: Thinkstock


3. Lemon

Jeruk lemon dengan warna kuning ini dikenal punya rasa kecut yang kuat dan kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin ini bisa memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit. K

onsumsi jeruk ini bisa merangsang pengeluaran dahak dan membantu tubuh pulih dari flu. Cukup tambahkan air jeruk lemon segar dalam air teh panas yang Anda seduh. Bisa ditambahkan madu atau gula batu sebagai pemanis.

Sedang Flu? Redakan dengan 5 Racikan Teh Alami IniFoto: iStock


4. Serai

Aroma serai yang mirip lemon sangat menyegarkan. Rempah ini bisa membuat tubuh lebih hangat dan perut nyaman. Pilih serai dengan batang yang besar. Potong bagian atasnya, sisakan sekitar 10 cm.

Kupas bagian lapisan yang keras lalu memarkan. Rebus 2-3 batang serai dengan air secukupnya hingga mendidih beebrapa saat. Air serai yang sedikit berminyak bisa langsung diminum. tau gunakan untuk air penyeduh daun teh hitam atau hijau.

Sedang Flu? Redakan dengan 5 Racikan Teh Alami IniFoto: Foodbeast


5. Kayumanis

Kayumanis punya aroma wangi yang sangat kuat. Rempah ini banyak dipakai utnuk meracik kue atau dessert. Selain itu kayumanis mampu menghangatkan tubuh dan merangsang lendir di hidung atau tenggorokan untuk keluar sehingga pernafasan lebih lancar.

Untuk pemakaian bisa digunakan kayumanis batangan ataupun yang sudah digiling halus. Cukup tambahkan dalam air untuk menyeduh teh. Hirup aroa wanginya yang melegakan.



Simak Video "Mencicip Teh Telur Favorit Ganjar Pranowo"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)