Melahap Makanan 'Anti-Aging' Ini Bisa Bikin Kulit Makin Cerah

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 30 Jul 2019 07:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Memiliki kulit cerah dan awet muda adalah idaman semua orang. Bukan hanya perawatan, ternyata pola makan juga bisa mempengaruhinya.

Tak harus mengeluarkan uang untuk membuat kulit cerah dan awet muda karena makanan yang mengandung antioksidan, vitamin C, D, E, K, serta kolin dan asam folat juga dapat membuat kulit lebih cerah. Manfaat lainnya, makanan itu mengurangi risiko kanker kulit dan lainnya serta melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Health and Human (29/7), inilah 6 makanan yang dapat menjaga kulit agar terhindar dari keriput.

Baca Juga: Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan Kencang


1. Alpukat
Melahap Makanan 'Anti-Aging' Ini Bisa Bikin Kulit Makin CerahFoto: iStock

Lemak yang bagus sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lemak ini bisa Anda dapatkan dari alpukat. Buah ini mengandung banyak manfaat sehat yang bisa membantu menjaga kulit supaya tetap fleksibel dan lembab.

Sebuah studi diet meneliti 700 wanita. Hasilnya terungkap kalau dengan makan banyak lemak sehat, seperti dari buah alpukat akan menghasilkan kulit lebih halus dengan elastisitas yang tinggi.

Alpukat juga mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Anda juga bisa konsumsi dengan dicampur dalam roti panggang atau salad sehingga Anda akan mendapatkan dosis vitamin E dan vitamin C yang sehat.


2. Dark Chocolate

Melahap Makanan 'Anti-Aging' Ini Bisa Bikin Kulit Makin CerahFoto: iStock

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa bubuk kakao yang ada pada dark cokelat sangat bagus untuk membuat kulit yang lembab. Dengan makan dark chocolate, maka kulit Anda akan sehat dan tidak kering serta dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Manfaat lainnya adalah bubuk kakao juga dapat meningkatkan aliran darah sehingga dapat memberikan lebih banyak nutrisi penting ke kulit. Dark chocolate yang baik dikonsumsi ialah yang mengandung setidaknya 70% kakao, sehingga akan memberikan Anda manfaat sehat tanpa kandungan banyak gula. Terlalu banyak gula justru dapat memecah kolagen yang menyebabkan timbulnya jerawat.


3. Red Wine

Melahap Makanan 'Anti-Aging' Ini Bisa Bikin Kulit Makin CerahFoto: iStock

Red wine mengandung resveratrol, senyawa yang dapat meminimalkan efek penuaan di seluruh tubuh. Dalam beberapa produk kecantikan bahkan juga mengandung resveratrol. Senyawa ini bisa berfungsi baik dengan cara dioleskan atau dimakan.

Ketika Anda mengonsumsi resveratrol dalam bentuk red wine, maka produksi radikal bebas akan melambat. Kerusakan radikal bebas adalah salah satu pendorong utama kerusakan kulit dan penuaan dini.

4. Tomat
Melahap Makanan 'Anti-Aging' Ini Bisa Bikin Kulit Makin CerahFoto: iStock

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mencegah kulit kering. Bahkan tomat juga mengandung semua karotenoid utama, termasuk beta-karoten, lutein, dan lycopene. Antioksidan kuat ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.


5. Walnuti
Melahap Makanan 'Anti-Aging' Ini Bisa Bikin Kulit Makin CerahFoto: iStock

Walnut mengandung rasio optimal asam lemak esensial, dan tubuh kita menggunakan asam lemak esensial ini sebagai bahan pembangun membran sel sehat. Meskipun Anda tidak mengasup suplemen asam lemak esensial, Anda perlu mendapatkan omega-3 dan omega-6s dari makanan. Makanan lain yang bisa Anda konsumsi adalah ikan berlemak seperti salmon.

Walnut bisa dikonsumsi untuk EFA Anda karena mereka mengandung antioksidan vitamin E, vitamin C, dan selenium, serta 4-5 gram protein per 30 gramnya. Walnut sangat tinggi lemak, jadi lebih baik dikonsumsi 30 gram per porsi, sehingga dapat memberi Anda 6% kebutuhan asupan harian untuk seng. Seng dikenal dapat mendukung pemulihan kulit serta melawan bakteri dan peradangan.


6. Ubi Jalar

Melahap Makanan 'Anti-Aging' Ini Bisa Bikin Kulit Makin CerahFoto: iStock

Ubi jalar mengandung beta karoten. Beta karoten adalah jenis antioksidan dari kelompok karotenoid yang benar-benar dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dengan konsumsi beta karoten dapat melindungi kulit dari sinar matahari tanpa terbakar.

Dengan terkena sinar matahari, tidak hanya dapat meningkatkan risiko kanker kulit, tetapi juga dapat mengakibatkan kematian sel yang dapat menyebabkan kulit kering dan keriput. Maka dengan konsumsi ubi jalar dapat memberikan solusi terkait kulit yang tidak sehat.

Baca Juga: Biar Tak Cepat Tua Jangan Sering Konsumsi 7 Makanan Ini

Simak Video "Lezat Menggoda Nasi Uduk Pulen Dipadu dengan Cumi Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)