Kenapa Kalau Kurang Tidur Kita Makan Lebih Banyak?

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 30 Jul 2019 06:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain membuat tidak enak badan, kurang tidur bisa mempengaruhi pola makan. Biasanya Anda akan makan lebih banyak dalam kondisi kurang tidur. Kenapa ya?

Jika Anda merasa berat badan terus bertambah padahal tak makan malam, jam tidur Anda perlu diperhatikan. Menurut penelitian, kurang tidur akan membuat Anda makan lebih banyak. Pada akhirnya hal ini bisa menambah berat badan dan menimbulkan banyak penyakit lainnya.
Kenapa Kalau Kurang Tidur Kita Makan Lebih Banyak?Foto: Ilustrasi/thinkstock
Times of India (25/7) melaporkan penelitian yang dilakukan The Annals of Internal Medicine mengungkap bahwa orang yang kurang tidur memiliki kadar ghrelin yang lebih tinggi. Ghrelin adalah hormon yang digunakan tubuh untuk mengirim sinyal ke otak guna meningkatkan nafsu makan, pada saat tubuh lapar dan membutuhkan makanan.

Penelitian ini dilakukan terhadap 10 orang yang memiliki berat badan lebih, kemudian terbukti bahwa peningkatan ghrelin dapat membuat Anda merasa lebih lapar, meningkatkan retensi lemak, dan mengurangi pembakaran kalori.

Baca Juga: Kalau Ingin Tidur Lelap, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Jelang Tidur
Kenapa Kalau Kurang Tidur Kita Makan Lebih Banyak?Foto: iStock
Penelitian lain yang diterbitkan di tahun 2016 juga mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan jumlah bahan kimia yang disebut Endocannabinoid. Studi ini menemukan bahwa kurang tidur akan mempengaruhi ritme harian endocannabinoid yang juga disebut 2-AG, yang artinya akan membuat pola makan terus meningkat.

Endocannabinoid adalah senyawa kimia yang secara alami diproduksi di dalam otak. Senyawa ini mempengaruhi kontrol motorik, emosi dan perilaku. Endocannabinoid hadir di seluruh tubuh, yang terlibat dalam berbagai proses fisiologis termasuk nafsu makan, suasana hati, dan memori Anda.

Dalam memahami tubuh dan kebutuhannya sangatlah penting menurut para ahli. Jika Anda telah mengerti kebutuhan tubuh Anda, maka akan menjadi mudah untuk melakukan rutinitas dan memiliki pola makan yang sesuai.
Kenapa Kalau Kurang Tidur Kita Makan Lebih Banyak?Foto: thinkstock
Para ahli juga mengatakan bahwa jam terakhir untuk makan di malam hari ialah jam 7.30 atau 8.00 malam, dan jam tidur Anda lebih baik selama 8 jam, sehingga mekanisme tubuh akan mendapatkan waktu yang cukup untuk mencerna makanan dan merangsang rasa lapar di keesokan paginya.

Baca Juga: Wanita Ini Tak Bisa Berhenti Makan bahkan Saat Terlelap Tidur



Simak Video "Sedap Nikmat Gulai Kepala Kakap dan Sate Padang 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)