Tren Resto All You Can Eat

Agar Tak Kelabihan Kalori, Perhatikan Hal Ini Saat Makan Makan Buffet

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 26 Jul 2019 19:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Makan di restoran all you can eat bisa tetap menyehatkan tubuh jika makanan yang diambil sesuai dengan komposisi makan yang seimbang. Tapi apa yang dimaksud dengan komposisi makan seimbang?

Kepada detikFood, Dr Inge Permadhi MS, Sp.GK menjelaskan prinsip makan dengan komposisi yang seimbang. Ia menyebut jika pada dasarnya semua prinsip makan itu sama.

Agar Tak Kelabihan Kalori, Perhatikan Hal Ini Saat Makan Makan BuffetFoto: iStock/detikfood

"Jadi prinsip makan itu selalu sama, bahwa kita makan tiga kali tapi dengan komposisi yang seimbang," tuturnya saat dihubungi tim detikFood (26/7).

"Makanan yang disebut seimbang itu pertama, dia harus ada makanan pokok. Makanan pokok bentuknya bisa nasi, mie, bihun, kentang hingga jagung. Kemudian harus ada protein hewani. Lalu harus ada lauk nabati. Kemudian harus ada sayur dan buah," paparnya.

Baca juga: Ini 5 Resto All You Can Eat yang Tawarkan Harga Murah

Agar Tak Kelabihan Kalori, Perhatikan Hal Ini Saat Makan Makan BuffetFoto: Istimewa
Jika dijabarkan, terdapat besaran jumlah lauk dan makanan pokok harian yang dibutuhkan oleh tubuh. "Komposisinya itu kalau yang namanya makanan pokok berarti dia sekitar 50-60 persen. Untuk lauk, itu biasanya sekitar 15-20 persen, mau lauk hewani atau pun nabati. Kemudian sayur dan buah itu harus selalu ada," tambah ahli gizi yang tergabung dalam Departemen Medik Ilmu Gizi di RSCM itu.

Sisanya, tubuh membutuhkan sekitar kurang dari 30 persen untuk asupan lemak. Karenanya Dr. Inge berujar, "Tapi kalau di restoran all you can eat, sebaiknya (asupan) lemak berasal dari makanan itu sendiri. Seperti ikan dan daging."

Agar Tak Kelabihan Kalori, Perhatikan Hal Ini Saat Makan Makan BuffetFoto: Istimewa

Lebih lanjut, lulusan Magister Sains Gizi Klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesiaia itu menjelaskan, "Kalau kita jumlah totalnya, lauknya itu sekitar 45 persen, 50 sampai 60 persennya itu karbo tapi di dalamnya suda ada buah dan sayurnya."

Dengan begitu, Anda tetap bisa mengambil makanan favorit yang tersaji di restoran all you can eat. Hanya saja harus sesuai dengan besaran komposisi seimbang yang disebutkan di atas.

Sebaiknya, saat makan hindari asupan minuman mengandung banyak gula. Selain itu, ganti aneka cake manis yang ada di sana dengan ragam buah yang tersaji.

Baca juga: 7 Trik Agar Bisa Makan Banyak di Resto 'All You Can Eat'

Simak Video "Makan Sepuasnya Hidangan Tanah Air, India, hingga Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)