Kopi Kembang Kol, Alternatif Kopi Sehat yang Tinggi Serat

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 26 Jul 2019 06:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kembang kol biasa diolah jadi hidangan gurih dan dikenal memiliki banyak manfaat. Siapa sangka kembang kol juga bisa diracik jadi kopi yang menyehatkan.

Kembang kol dikenal sebagai superfood, sedangkan kopi semakin diminati kaum millennial. Hal ini menginspirasi munculnya minuman sehat berupa kopi kembang kol di Australia.

Taste (25/7) mengabarkan minuman terbaru ini diluncurkan dalam acara Hort Connection 2019 di Melbourne baru-baru ini. Tujuan awalnya ialah membantu warga Australia untuk meningkatkan asupan sayuran mereka.

Kopi Kembang Kol, Alternatif Kopi Sehat yang Tinggi SeratFoto: iStock

Ide unik ini sebenarnya sudah ada dari awal tahun 2018. Menurut laporan CSIRO dan Horticulture Innovation, 51 persen orang dewasa di Australia tidak makan buah dalam jumlah cukup.

Dua dari tiga orang dewasa di sana tidak makan sayur dengan jumlah memadai. Itu sebabnya, industri makanan dan kesehatan mengambil kesempatan dengan memulai pembuatan bubuk sayuran. Gunanya adalah membantu orang-orang yang tidak menyukai sayuran untuk tetap mendapatkan nutrisi baik dari sayuran atau buah.

Baca Juga: 8 Bahan Ini Bisa Bikin Racikan Kopi Makin Enak

Kopi Kembang Kol, Alternatif Kopi Sehat yang Tinggi SeratFoto: Istimewa

Kemudian di tahun 2018, CSIRO meluncurkan produk kopi brokoli. Hal ini menyebabkan keramaian di seluruh dunia karena diketahui memiliki konsep yang positif. Bubuk ini terbuat dari sayuran sehingga dapat membantu mengurangi limbah makanan dan membantu orang supaya makan lebih banyak sayuran hijau.

Tahun ini CSIRO kembali berinovasi dengan menciptakan kopi berbahan kembang kol. Kopi ini dibuat menggunakan sekitar 7 gram bubuk kembang kol dan satu cangkir yang setara dengan satu porsi sayuran setiap harinya. Kopi ini menggunakan kopi asli, sehingga kopinya kental dan memiliki manfaat nutrisi tambahan.

Kopi Kembang Kol, Alternatif Kopi Sehat yang Tinggi SeratFoto: Istimewa

Menurut John Said, selaku Fresh Select CEO dan farmer, "Kopi brokoli termasuk minuman yang enak dan tak disangka minuman itu bisa diciptakan. Tetapi menurut saya, kopi kembang kol memiliki karakteristik lebih kental. Minuman ini menghilangkan rasa pahit dari kopi, namun tetap mengingatkan Anda bahwa Anda sedang mengonsumsi kembang kol."

Kopi kembang kol ini rendah kalori dan tinggi serat. Bahkan kembang kol sendiri merupakan sumber Vitamin C. Satu kuntum bunga kol mentah bahkan memenuhi 50 persen kebutuhan harian seseorang akan vitamin C. Nah, semoga saja inovasi kopi kembang kol bisa kita cicip di Indonesia ke depannya.

Baca Juga: Kata Ahli Hanya Membayangkan Kopi Bisa Bikin Pikiran Fokus


Simak Video "Menipu Mata, Ternyata Hot Dog Ini Adalah Mie Ayam!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)