Dr. Oz Ungkap 5 Makanan Sehat di Dunia yang Bikin Panjang Umur

Shara Azzhara - detikFood Jumat, 12 Jul 2019 06:48 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Konsumsi makanan bernutrisi adalah kunci tubuh sehat dan panjang umur. Dr. Oz mengungkap 5 bahan makanan sehat yang ada di dunia untuk memperpanjang usia.

Beragam nutrisi makanan dapat memberikan manfaat yang melimpah bagi tubuh. Diantara manfaat terbaiknya, beberapa makanan juga mengandung zat yang dapat memperpanjang umur.

Dr. Oz bersama laman Today melaporkan kombinasi menu dengan bahan yang mengandung nutrisi terbaik dan dapat memperpanjang umur (9/7). "Kemanapun kita pergi selalu ada makanan luar biasa yang tidak hanya lezat, namun juga dapat membantu kita hidup lebih lama, hidup sehat," ujar Dr. Oz.

Berikut 5 bahan makanan sehat yang disarankan dari seluruh dunia.

1. Jangkrik

Dr. Oz Ungkap 5 Makanan Sehat di Dunia yang Bikin Panjang UmurFoto: iStock

Jangkrik merupakan salah satu makanan yang banyak di konsumsi di Meksiko. Hewan yang juga disebut Chapulines di Meksiko ini merupakan sumber protein yang lebih ramah bagi lingkungan ketimbang daging. Di negara-negara yang mengonsumsi jangkrik, Anda dapat membelinya dalam keadaan mentah atau telah dipanggang.

Di Meksiko, jangkrik bahkan umum dijadikan isian taco. Dengan tambahan bawang bombay, bawang putih, alpukat, dan saus salsa, dijamin Anda akan menyukai rasa makanan ini.

Selain dimakan langsung, jangkrik juga umum diolah jadi tepung. Diperkaya protein dan zat besi, tepung jangkrik bisa membantu malnutrisi yang dialami penduduk miskin di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Tepung Jangkrik yang Tinggi Protein Enak Diolah Jadi Cookies dan Cake

2. Quinoa

Dr. Oz Ungkap 5 Makanan Sehat di Dunia yang Bikin Panjang UmurFoto: iStock

Quinoa mengandung serat yang sangat sehat dan dilengkapi dengan protein serta 9 zat asam esensial. Warga negara Peru banyak memanfaaatkan quinoa sebagai pengganti nasi dan pasta.

Salah satu menu populer dari Peru adalah Quinoa Ubi Ungu. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Cukup memasak quinoa dan campurkan dengan ubi yang telah dipanggang hingga lembut, wortel, bayam, dan bumbu lainnya.

Konon quinoa sudah dikonsumsi sejak 4000 tahun silam dan banyak tumbuh di Amerika Utara. Quinoa mengandung banyak zat gizi dan digemari para pelaku hidup sehat. Permintaan yang tinggi membuat harga quinoa relatif mahal

3. Hazelnut

Dr. Oz Ungkap 5 Makanan Sehat di Dunia yang Bikin Panjang UmurFoto: iStock

Jenis kacang yang lezat ini merupakan sumber antioksidan. Namun mengonsumsinya sebagai campuran cokelat manis membuat nutrisinya tidak terserap maksimal. Untuk menyiasatinya, cobalah makan kacang hazelnut utuh tanpa pemanis buatan.

Hazelnut kaya vitamin, mineral, hingga lemak sehat. Tingginya antioksidan pada hazelnut membuat kacang ini baik untuk tubuh. Manfaat sehat hazelnut lain adalah menyehatkan jantung, menurunkan kadar gula darah, hingga menjaga kesehatan otak.

4. Lentil

Dr. Oz Ungkap 5 Makanan Sehat di Dunia yang Bikin Panjang UmurFoto: iStock

Lentil merupakan protein nabati yang mengandung zat besi yang sangat penting bagi remaja dan ibu hamil. Agar semakin sehat, olahlah lentil menjadi sup dengan campuran tomat, bayam, dan rempah-rempah.

Ada beberapa jenis lentil seperti yang warnanya kuning, hijau, cokelat, hingga hitam. Untuk nutrisi, sekitar 30% sumber kalori lentil berasal dari proteinnya. Manfaat konsumsi lentil antara lain sehatkan pencernaan dan cegah diabetes.

5. Daun pucuk kapri

Dr. Oz Ungkap 5 Makanan Sehat di Dunia yang Bikin Panjang UmurFoto: iStock

Kacang kapri atau dikenal juga dengan snow pea leave merupakan jenis tumbuhan yang unik dan sehat. Rasanya seperti campuran antara bayam muda dan kacang polong.

Selain rasanya enak, kacang kapri juga mengandung nutrisi fitokimia yang meningkatkan kesehatan bakteri baik di usus dan anti radang. Nikmatilah kacang kapri dengan cara direbus selama 30 detik di air mendidih dan diberi tambahan garam dan bawang putih untuk perasa.

Baca juga : Sehat di Usia 88 Tahun, Ini Rahasia Panjang Umur Warren Buffett



Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)