'Kopi' Dandelion Bisa Pasok Energi Tanpa Asupan Kafein

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 05 Jul 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Penggemar kopi yang tak mau mengasup kafein bisa mencoba 'kopi' dandelion. Minuman ini dibuat dari teh akar dandelion yang punya banyak manfaat sehat.

Bagi orang yang rutin mengasup minuman berkafein seperti kopi, tidak minum kopi sekali saja bisa bikin sakit kepala. Hal itu seakan mengatakan tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa asupan kopi. Kejadian ini dialami banyak orang yang merupakan penggemar berat kopi.

Masalah kecanduan minuman berkafein ini bisa diatasi dengan konsumsi 'kopi' dandelion. Jika mendengar nama dandelion mungkin yang terlintas di kepala adalah bunga cantik yang biasa tumbuh di alam bebas. Siapa sangka dandelion memiliki akar yang memiliki banyak manfaat sehat dan kerap dijadikan teh.

'Kopi' Dandelion Bisa Pasok Energi Tanpa Asupan KafeinFoto: Istimewa

Dilansir dari Liquor (22/2), 'kopi' dandelion ini tanpa kandungan kafein namun rasanya mirip kopi biasa. 'Kopi' diracik dari teh berbahan akar dandelion yang terkenal baik untuk kesehatan pencernaan.

Dandelion juga memiliki efek positif pada segala hal, mulai dari pembengkakkan hingga toksisitas hati. Akar dandelion yang dikeringkan dan digiling lalu dicampur dengan bahan lain akan menghasilkan rasa pahit yang rasanya tidak jauh berbeda dengan kopi. Bahkan akan lebih enak jika dicampur dengan mentega.

Baca Juga: Sakit Kepala karena Tidak Minum Kopi? Ini Sebabnya

Kalau tertarik membuat 'kopi' dandelion, resep berikut bisa dicoba. Resep diperuntukkan bagi 8 cangkir.

8 sendok makan mentega tawar, lelehkan
64 gram sirup maple
½ sdt kayu manis
½ sdt jahe bubuk
½ sdt ekstrak vanilla murni
Sedikit garam
8 kantong teh akar dandelion
Sekitar 2,8 liter air mendidih

'Kopi' Dandelion Bisa Pasok Energi Tanpa Asupan KafeinFoto: Istimewa

Siapkan mangkuk besar kemudian gunakan spatula untuk mencampurkan bahan seperti mentega, sirup maple, kayu manis, jahe, vanila, dan garam. Gunakan wadah tahan panas yang besar, kemudian rendam kantong teh dalam air mendidih selama 5 menit, lalu keluarkan kantong dan buang.

Sambil diaduk, tuangkan perlahan teh dandelion panas ke dalam mangkuk yang berisi mentega dan lain-lain, sampai benar-benar menyatu. 'Kopi' dandelion siap dihidangkan.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyeduh Kopi



Simak Video "Lezat Menggoda Nasi Uduk Pulen Dipadu dengan Cumi Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)