Minumlah Jus Kol Secara Teratur Agar Kulit Mulus dan Cerah

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 01 Jul 2019 15:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kol atau kubis punya aroma yang tajam dan rasa hambar. Tetapi siapa sangka sayuran yang murah ini berkhasiat bikin kulit mulus.

Hidup di perkotaan, wanita maupun pria harus rajin melakukan perawatan kulit wajah.Baik dari luar maupun melalui makanan. Bukan hanya dari polusi, pola makan yang buruk ternyata menyebabkan menjadi kusam dan tidak sehat.

Minumlah Jus Kol Secara Teratur Agar Kulit Mulus dan CerahFoto: Istimewa

Sebenarnya ada banyak buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kulit tetap sehat. Bisa dimakan langsung atau dikonsumsi sebagai masakan atau lalapan.

Dikutip dari NDTV Food (27/6), kubis ternyata salah satu sayuran paling sehat dan bagus untuk dikonsumsi secara rutin. Sayuran ini memiliki serat yang dapat memperlancar pencernaan. Karena rendah kalori, kubis juga dapat membantu menurunkan berat bacan.

Bukan hanya itu, ternyata kubis juga dapat membantu menjaga peradangan supaya tetap terkendali. Juga membantu menjaga tingkat tekanan darah dan kolesterol. Vitamin dan antioksidan yang ada pada kubis ialah vitamin C, K, Folat, vitamin B6 dan juga kaya akan magnesium, mangan, dan kalium.

Minumlah Jus Kol Secara Teratur Agar Kulit Mulus dan CerahFoto: Istimewa

Untuk mendapatkan semua nutrisinya, salah satu cara paling umum dalam mengonsumsi kol atau kubis adalah dalam bentuk jus. Kubis yang dbuati jus tetap memiliki semua manfaat sehatnya, kecuali serat.

Menurut buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing House, kubis mengandung vitamin C dan K, serta antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan sulfurnya mungkin berguna dalam penyembuhan jerawat dan eksim.

Baca Juga: Slurpp! Minum Jus Jeruk Segar Tiap Hari Bisa Bikin Jantung Lebih Sehat

Ahli Nutrisi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora memberi tahu bahwa kubis adalah sumber sulfur dan silika yang baik untuk mineral kecantikan. "Sulfur hadir di setiap sel karena membantu menarik nutrisi dan menghilangkan kotoran dari sel Anda. Aktivitas detoks ini sangat penting untuk membersihkan kulit." ungkapnya.

Minumlah Jus Kol Secara Teratur Agar Kulit Mulus dan CerahFoto: Istimewa

Kubis kaya akan antioksidan, yang sangat penting untuk melawan aktivitas radikal bebas. Radikal bebas ini yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel sehingga kulit Anda terlihat kusam, kering, dan menua.

Untuk membuat jus kubis atau kol caranya mudah, Didihkan 500 ml air dalam panci. Kemudian siapkan 300 g kol yang sudah diiris halus dan taruh dalam mangkuk blender.

Masukkan kol iris lalu blender dengan kecepatan rendah hingga benar-benar halus. Tuangkan ke dalam gelas dan sajikan. Jika ada bisa ditambahkan 1 sdm air jeruk lemon agar aromanya tak terlalu tajam. Minumlah jus ini secara teratur, agar kulit cerah, sehat dan mulus.

Baca Juga: Wanita Ini Klaim Jus Kubis Buatannya Sembuhkan Kanker hingga Homoseksual

Simak Video "Menyantap Gurih Mulur Bakmi China Halal 'Wo Ai Mie'"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/adr)