Pola Makan Sehat dan Murah

Tak Kalah dari Salad, Orang Sunda Punya Lalapan yang Enak dan Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 13 Jun 2019 10:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Asupan sayuran tak hanya didapat dari sup atau tumisan. Menurut ahli gizi, konsumsi sayuran mentah seperti lalapan juga baik bagi tubuh.

Lalapan, lalap, atau lalab adalah kumpulan sayuran mentah yang banyak ditemui di masakan khas Sunda. Lalapan menjadi sayuran pendamping lauk utama seperti ayam atau ikan goreng. Biasanya disajikan dalam wadah bambu dengan susunan sayuran saling bertumpuk.

Menilik sejarahnya, lalapan konon sudah dikonsumsi orang Sunda sejak tahun 1930-an. Lalapan merupakan bagian dari budaya Sunda yang melambangkan betapa orang Sunda mementingkan harmoni manusia dengan alam.

Tak Kalah dari Salad, Orang Sunda Punya Lalapan yang Enak dan SehatFoto: iStock

Baca Juga: Kalau Mau Tubuh Ramping, Seringlah Makan Lalapan Segar, Ubi dan Sup

Sementara dari komposisinya, lalapan sebenarnya tak ubahnya salad di negara Barat. Bedanya lalapan tidak dimakan dengan saus atau bumbu khusus melainkan sambal terasi yang jadi favorit.

Lalapan tergolong jenis sayuran enak yang bisa bantu penuhi asupan kebutuhan buah dan sayur harian. Hal ini disampaikan pakar gizi Dr Tan Shot Yen saat dihubungi detikFood (10/6). Dr Tan mengatakan, "Kita punya banyak lalap keren. Selada, timun, tomat, kemangi, poh-pohan, kacang panjang, terong lalap, leunca, tespong, kenikir, daun jambu mete, paprika, kol, sampai pete."

Tak Kalah dari Salad, Orang Sunda Punya Lalapan yang Enak dan SehatFoto: iStock

Dr Tan mengatakan tak perlu khawatir soal pestisida atau bakteri yang menempel pada berbagai jenis sayur lalapan. Menurutnya tak ada kejadian serius di rumah sakit terkait seseorang keracunan pestisida usai makan lalapan. "Yang masuk rumah sakit pukul 2 subuh justru orang-orang yang tidak makan lalap dan kena diabetes atau hipertensi yang sudah jd serangan jantung atau stroke," tegasnya.

Konsumsi ragam sayuran mentah ini bisa mendongkrak jumlah asupan sayuran harian seseorang mengingat fakta orang Indonesia yang kurang makan sayur dan buah mencapai 95,5%. Padahal tiap hari orang dewasa dianjurkan makan 400-600 gram buah dan sayur atau setara 1/2 piring berisi buah dan sayur dalam sekali makan.

Tak Kalah dari Salad, Orang Sunda Punya Lalapan yang Enak dan SehatFoto: iStock

Yang terpenting, sebelum mengonsumsi lalapan pastikan mencuci seluruh sayur dengan bersih. Gunakan air mengalir bukan air dalam baskom. Untuk sayuran yang bentuknya lembaran seperti selada, pastikan mencuci lembar per lembar untuk memastikan tak ada sisa pestisida atau telur cacing menempel.

Baca Juga: Huaah! Sedap Mantap Iga Penyet dengan Sambal dan Lalapan Kesukaan Netizen

(adr/adr)