Pola Makan Sehat dan Murah

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Perbanyak Konsumsi Teh Hijau dan Bayam

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 12 Jun 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pola makan yang tak teratur saat libur Lebaran, membuat kadar kolesterol sering naik. Untuk memulihkannya, ada makanan sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

Menurut nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, pola makan seimbang usai Lebaran perlu diterapkan. Terutama jika saat Lebaran kemarin, sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan bersantan.

"Pola makan sehat dan seimbang setelah Lebaran, bisa dipenuhi dengan karbohidrat kompleks, protein rendah lemak, sayur dan serat. Makan juga harus teratur, sehari tiga kali, dan ngemil sehat sebanyak dua kali," tutur Leona ketika dihubungi detikFood (10/06).

Sementara itu untuk makanan penurun kolesterol, Leona menyarankan makanan yang kaya serat dan kaya Omega 3.

Baca Juga: Diet Rendah Karbohidrat atau Rendah Lemak? Waspadai Efek Samping Ini


1. Teh Hijau

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Konsumsi Saja Teh Hijau hingga Ikan SalmonFoto: Istimewa

Banyak ditemukan di minuman dan dessert kekinian, ternyata teh hijau punya fungsi yang ampuh sebagai obat penurun kolesterol alami. Teh hijau mengandung flavonoid unik, yang sering disebut sebagai katekin.

Katekin ini dapat mempengaruhi kerja enzim untuk memecah lemak, sekaligus mampu mengurangi kadar kolesterol. Uniknya, teh hijau juga dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga kadar kolesterol ini bisa keluar saat buang air besar (BAB).


2. Ikan Salmon
Kolesterol Naik Usai Lebaran? Konsumsi Saja Teh Hijau hingga Ikan SalmonFoto: Istimewa

Menurut Leona, kadar kolesterol yang naik saat Lebaran bisa diturunkan dengan makanan yang mengandung Omega 3. Salah satunya ikan salmon. Melalui beberapa penelitian, asam lemak Omega 3 yang ada di dalam ikan salmon, disebut dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Selain itu ikan salmon bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik, dan menurunkan trigliserida. Tak hanya menurunkan kolesterol saja, rutin konsumsi ikan salmon juga bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda.


3. Bayam

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Konsumsi Saja Teh Hijau hingga Ikan SalmonFoto: Istimewa

Mudah dan murah ditemukan, sayur bayam sudah terkenal dengan berbagai manfaat dan nutrisinya untuk tubuh. Sayuran yang satu ini kaya akan lutein, kandungan yang dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Manfaat lainnya kandungan lutein dan karotenoid disebut dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami. Serta membantu menghempas radikal bebas, yang bisa berbahaya di dalam tubuh.


4. Oatmeal

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Konsumsi Saja Teh Hijau hingga Ikan SalmonFoto: Istimewa

Selain makanan yang mengandung Omega 3, Leona menyarankan perbanyak konsumsi makanan tinggi serat untuk menurunkan kolesterol. Oatmeal masuk ke dalam makanan berserat tinggi, dan dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Serat oatmeal yang tinggi, disebut dapat mengurangi serapan kolesterol ke dalam aliran darah. Sehingga sarapan dengan oatmeal, dapat membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

5. Jeruk
Kolesterol Naik Usai Lebaran? Konsumsi Saja Teh Hijau hingga Ikan SalmonFoto: Istimewa

Selain murah dan enak, buah jeruk ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol. Buah jeruk dikemas dengan sumber vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kadar vitamin C ini, bisa membantu mencegah menumpuknya kolesterol hingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain vitamin C, terdapat kandungan d-limone, senyawa yang membantu kolesterol turun dari dalam tubuh. Kandungan ini turut menghambat perkembangan beberapa jenis kanker, seperti kanker usus atau kanker payudara.

Baca Juga: Mau Sehat dan Turun Berat Badan? Detoks Usai Lebaran Ada Aturannya (sob/odi)