7 Buah dan Sayur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Usai Lahap Makanan Lebaran

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 05 Jun 2019 15:12 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Hidangan Lebaran identik dengan makanan bersantan. Untuk turunkan kadar kolesterol jahat yang ditimbulkan karenanya, konsumsi 7 buah dan sayur ini bisa jadi solusi.

Banyak melahap opor ayam, sayur gurih, gulai, hingga rendang saat Lebaran memicu kenaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Penumpukan kolesterol nantinya bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

7 Buah dan Sayur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Usai Lahap Makanan LebaranFoto: Thinkstock

Ada cara mudah untuk menghindari kenaikkan kolesterol jahat ini. Anda perlu melakukan aktivitas fisik yang cukup. Perubahan pola makan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat juga perlu dilakukan.

Salah satu kuncinya adalah perbanyak asupan serat dari konsumsi buah dan sayur. Berikut 7 buah dan sayur yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, seperti dikutip dari Live Strong dan Best Health Mag (2/6):

Baca Juga: 8 Makanan Berlemak Sehat Ini Bisa Cegah Kolesterol Tinggi dan Sehatkan Jantung

1. Alpukat

7 Buah dan Sayur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Usai Lahap Makanan LebaranFoto: iStock

Alpukat mengandung niacin atau vitamin B3 yang bantu menurunkan produksi serta meningkatkan eliminasi kolesterol. Alpukat juga mengandung glutathione, jenis antioksidan yang bisa menetralisir radikal bebas.

2. Wortel
Seperti halnya alpukat, wortel adalah sumber vitamin B3 yang sangat baik. Jenis vitamin ini sangat diperlukan untuk menyingkirkan kadar kolesterol jahat. Warna oranye wortel yang didapat dari beta-carotene juga merupakan antioksidan yang sangat kuat.

3. Blueberry

7 Buah dan Sayur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Usai Lahap Makanan LebaranFoto: Thinkstock

Buah berry dikenal sangat baik untuk kesehatan. Blueberry, strawberry, hingga raspberry bisa jadi solusi nikmat atasi kolesterol. Jenis buah ini tinggi vitamin C yang bantu cegah oksidasi kolesterol.

4. Kacang kedelai
Kacang kedelai mudah didapat dan harganya tergolong murah. Olahan kacang kedelai berupa 'susu' juga jadi favorit banyak orang. Kacang kedelai tinggi kandungan vitamin B, zat besi, dan kalsium. Juga antioksidan yang kurangi kolesterol jahat dan naikkan kolesterol baik.

5. Mangga

7 Buah dan Sayur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Usai Lahap Makanan LebaranFoto: iStock

Seperti buah berry, mangga juga tinggi kandungan vitamin C sehingga baik dikonsumsi mereka yang mau turunkan kolesterol. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin E yang memiliki fungsi sama dengan vitamin C dalam mencegah oksidasi kolesterol.

6. Tomat
Warna merah tomat didapat dari antioksidan lycopene. Antioksidan ini ternyata mampu melawan akumulasi kolesterol di dinding arteri. Disarankan konsumsi tomat yang sudah matang untuk mendapat tingkat antioksidan yang lebih tinggi.

7. Bawang bombay

7 Buah dan Sayur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Usai Lahap Makanan LebaranFoto: iStock

Siapa sangka sayuran yang jadi bumbu masak favorit ini bisa menurunkan kolesterol jahat. Konsumsi bawang bombay bantu turunkan tekanan darah. Juga mengandung sulfida yang kurangi risiko kanker usus dan perut. Makanlah bawang bombay mentah dan matang untuk mendapat manfaat maksimal.

Baca Juga: Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan Ini

(adr/odi)