Mau Makan Enak Tanpa Gemuk ? Siasati dengan 5 Cara Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 05 Jun 2019 13:44 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Silaturahmi di hari lebaran biasanya selalu diiringi dengan makan-makan. Agar tak gemuk, lakukanlah beberapa trik ini.

Ketika lebaran, makanan bersantan dan berkalori tinggi selalu tak pernah absen. Ini semua bisa membuat berat badan naik. Tentunya kalau hal ini tak ingin terjadi, Anda bisa mengontrol keinginan makanan dan melakukan beberapa hal ini.

1. Perhatikan porsi makan

Mau Makan Enak Tanpa Gemuk ? Siasati dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Biasakan menikmati makanan secara teratur dan tidak mengambil porsi makanan yang banyak ketika sedang berada di rumah sanak saudara.

Perlu diingat, tubuh membutuhkan asupan makanan pada pagi, siang dan malam hari. Selebihnya Anda boleh mencicip camilan dalam jumlah yang kecil. Dengan cara sederhana ini, Anda bisa mengontrol makanan lebih optimal.

Baca juga: 8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan Naik

2. Selektif dalam memilih makanan

Jamuan lebaran biasanya disajikan secara prasmanan. Saking banyaknya, jangan sampai Anda tergoda dan akhirnya makan semua makanan yang disajikan.

Pilih salah satu makanan. Batasi konsumsi makanan berlemak santan seperti opor, rendang, sayur gurih dan gorengan. Hindari juga minum minuman manis.

3. Jangan lupa sayur dan buah

Mau Makan Enak Tanpa Gemuk ? Siasati dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Sayur dan buah mengandung serat dan juga vitamin hingga mineral. Beberapa buah yang mengandung serat juga bisa membantu oerut terasa kenyang lebih lama.

Pilih beberapa jenis buah seperti pepaya, anggur, apel serta nanas. Selain itu sayuran juga wajib disiapkan

4. Minum cukup air putih

Hampir 90 persen cairan tubuh kita adalah air. Daripada menikmati minuman manis seperti sirup, sebaiknya pilih minuman yang lebih sehat dan alami seperti air putih.

Minum cukup air minimal 8 gelas pehari bisa cegah dehidrasi juga.

5. Berhenti makan sebelum kenyang

Mau Makan Enak Tanpa Gemuk ? Siasati dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Trik ini selalu jadi andalan dan sangat optimal. Rasa kenyang merupakan sinyal tubuh agar kita berhenti makan. Cara ini sangat baik dilakukan agar sistem pencernaan tak terganggu.

Jika dirasa sulit mendapatkan sinyal ini. Anda bisa minum segelas air setelah makan dan tunggu hingga 15 menit. Rasa kenyang pun akan muncul setelahnya.

Baca juga: Tetap Langsing Selama Lebaran, Ini Tips dari Ahli Gizi

(adr/odi)