Ternyata Ini Sebabnya Sereal Makin Enak Disiram Susu Dingin

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 07:41 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sereal yang dicampur dengan susu sering menjadi menu sarapan. Inilah alasan kenapa sereal biasa disajikan dengan susu.

Semangkuk sereal dengan siraman susu segar jadi menu sarapan favorit banyak orang. Meski begitu, ada saja orang yang tak terlalu suka paduan ini. Salah satunya mengklaim air putih bisa jadi pengganti susu untuk membuat rasa sereal lebih enak.

Sebenarnya ada alasan mengapa sereal harus disiram dengan susu dan mengapa cocok dimakan untuk sarapan. Apakah hanya susu saja yang cocok dicampur dengan sereal?

Baca Juga: Sarapan dengan Sereal yang Besar Kepingannya Bisa Bantu Turunkan Berat Badan


Ternyata Ini Sebabnya Sereal Makin Enak Disiram Susu DinginFoto: iStock
Dilansir dari msn (21/5) tahun 1800-an, orang Amerika sering sarapan dengan bacon, telur, daging, dan makanan berat lainnya. Tetapi akibatnya banyak orang mengeluh mengalami gangguan pencernaan, dan ahli kesehatan menyebutnya sebagai penyakit dispepsia.

Penyakit yang tidak jelas ini dianggap akibat dari konsumsi makanan lengkap di pagi hari. Karenanya banyak orang berpendapat bahwa sarapan harus lebih ringan dan lebih sehat. Berupa makanan yang sederhana dan mudah dicerna.

Adalah James Caleb Jackson, seorang vegetarian yang mengelola sanatorium bernama 'Our Home on the Hillside' di Dansville, New York. Pada saat itu, sanitarium ini dianggap sebagai retret yang menerapkan cara konsumsi makan dan olahraga sehat. Jackson juga pengikut Pendeta Sylvester Graham, penemu graham crakers yang percaya bahwa sereal dapat membantu mengkontrol selera seksual.

Pada tahun 1870-an, Jackson mulai memasarkan produk yang disebutnya sebagai granula. Terbuat dari tepung graham yang dipanggang, dihancurkan, kemudian dipanggang kembali. Jackson dan sang ibu Lucretia mengatakan bahwa granula yang dimakan kering itu rasanya sangat keras seperti menelan puing-puing bangunan. Lucretia mengingatkan bahwa sereal harus direndam dalam susu atau air hangat.

Kemudian pemilik sanatorium lain yang bernama John Harvey Kellogg meniru resep yang sama dengan Jackson. Kellogg, yang memiliki Battle Creek Sanitarium di Battle Creek, Michigan, menyebutnya sebagai granola bukan granula. Sengaja dibuat beda untuk menghindari masalah hukum.

Ternyata Ini Sebabnya Sereal Makin Enak Disiram Susu DinginFoto: iStock

Pada 1889, Kellogg menjual dua ton granola dalam seminggu. Pada 1903, lebih dari 100 perusahaan sereal beroperasi di Battle Creek. Tentu saja, menjadi terkenal karena Corn Flakes milik Kellogg jauh lebih menarik. Bahkan granola milik Kellogg diproses menjadi lebih lembut, sehingga tetap cocok untuk dihidangkan dengan susu.

Susu paling sempurna untuk menambah kelembapan pada makanan kering tanpa mengubah rasa. Seperti sereal, susu juga identik dengan kesehatan, penuh vitamin dan kalsium. Kemudian dalam iklan di surat kabar Corn Flakes 1922, Kellogg's memberikan saran kombinasi menarik. "Dengan susu dingin dan buah segar yang lezat, tekstur Kellog's makin renyah, dan menggugah selera."

Salah satu penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of Food Science pada 2011, menemukan bahwa lemak dalam susu bisa menempel pada permukaan sereal dan menjaga sereal renyah lebih lama dibandingkan jika dicelupkan ke dalam air.

Baca Juga: Sebut Sereal Enak Diaduk Air Putih, Akun Ini Bikin Netizen Heran (odi/odi)