Waktu Sahur Tinggal 5 Menit? Masih Sempat Kok Lahap 8 Makanan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 14 Mei 2019 03:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bagi yang telat sahur, jangan panik. Meski sisa waktu menuju subuh tinggal 5 menit, ada makanan yang bisa kamu santap.

Sering kali karena terlalu lelah, bangun sahur jadi telat. Saat-saat sahur mepet seperti ini bisa diakali dengan konsumsi makanan praktis namun tetap mengenyangkan, seperti direkomendasikan Have Halal Will Travel (13/5) ini. Tentu bisa jadi solusi bagi kamu yang sering telat bangun sahur.

Baca Juga: Sahur Langsung Minum Kopi? Ini Bahayanya untuk Kesehatan

1. Kurma
Yang paling mudah dijangkau saat telat sahur adalah kurma. Karenanya penting untuk menyimpan kurma sebagai stok di rumah. Pilih jenis kurma favoritmu agar selalu bisa membangkitkan selera. Kurma mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa, sekaligus makanan yang disunahkan Nabi Muhammad SAW untuk sahur.

Waktu Sahur Tinggal 5 Menit? Masih Sempat Kok Lahap 8 Makanan IniFoto: iStock

2. Yogurt plus buah
Kini banyak yogurt kemasan di supermarket yang tersedia dalam ukuran sekali makan. Yogurt juga bisa jadi pilihan makanan praktis dan mengenyangkan saat sahur. Kalau masih ada waktu, tambahkan irisan stok buah di kulkas untuk dicampurkan bersama yogurt.

3. Minuman sereal
Mau sajian enak, mudah dibuat, dan mengenyangkan untuk sahur? Minuman sereal kemasan adalah pilihan terbaik. Kamu cukup menambahkan air panas untuk mengolah minuman sereal ini. Keuntungan lainnya, minuman sereal kemasan kini tersedia dalam banyak pilihan rasa seperti cokelat dan kacang hijau.

Waktu Sahur Tinggal 5 Menit? Masih Sempat Kok Lahap 8 Makanan IniFoto: iStock

4. Roti plus selai kacang
Roti yang biasa jadi menu sarapan banyak orang juga pas dikonsumsi saat sahur. Untuk jenis terbaik, roti gandum yang kaya serat bisa jadi pilihan. Tambahkan olesan selai kacang jika kamu suka. Irisan pisang juga mampu memberi tambahan asupan energi.

5. Telur orak-arik
Banyak orang tak bisa menolak kelezatan telur termasuk saat sahur dan buka puasa. Sajian telur praktis yang bisa dibuat kurang dari 5 menit adalah telur orak-arik. Agar lebih mengenyangkan, kamu bisa memadukannya dengan roti panggang.

Waktu Sahur Tinggal 5 Menit? Masih Sempat Kok Lahap 8 Makanan IniFoto: Istock

5. Susu cokelat
Tak ada yang bisa menolak kelezatan segelas susu cokelat hangat di pagi hari. Saat sahur pun, susu cokelat instan jadi solusi terbaik. Tinggal disiram air panas, segelas susu cokelat bisa langsung dinikmati.

6. Pisang
Dari banyaknya jenis buah, sebaiknya Anda menyimpan pisang sebagai stok selama Ramadhan. Pisang tinggi kandungan karbohidrat yang bisa memasok energi seharian seperti saat puasa.

Waktu Sahur Tinggal 5 Menit? Masih Sempat Kok Lahap 8 Makanan IniFoto: Instagram

7. Mie instan
Semangkuk mie instan hangat dijamin bisa membangkitkan selera Anda saat sahur. Membuatnya juga cepat, kurang dari 5 menit. Agar lebih bernutrisi coba tambahkan berbagai protein dan serat pada sajian mie instan. Mulai dari telur hingga sayuran.

8. Air putih
Pilihan paling akhir untuk mengasup makanan saat sahur adalah dua gelas air putih. Selalu sediakan air putih di samping tempat tidur kamu agar mudah menjangkaunya. Kalau masih ada waktu makan, usahakan ngemil 1 atau 3 butir kurma lalu minum air putih lagi.

Baca Juga: Ini Tips Sahur dari Pakar Diet, Agar Tak Cepat Lapar dan Haus Saat Berpuasa (adr/odi)