Ternyata Buah yang Dipetik Thanos di Avengers: Endgame Kaya Khasiat

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 10 Mei 2019 19:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Muncul di film Avengers: Endgame, nama buah kiwano semakin populer. Siapa sangka kalau buah ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Di salah satu adegan film ini, muncul Thanos yang terlihat sedang memetik buah kiwano ini. Kiwano atau horned melon ini memiliki bentuk yang unik.

Buah Kiwano merupakan buah eksotis yang berasal dari Afrika Tengah dan Selatan. Ketika sudah matang, kulit luar buah kiwano ini tebal dengan warna oranye cerah dan ditutupi dengan duri kecil. Bagian dalamnya terdiri dari biji yang agak lengket mirip seperti buah markisa.

Baca juga: Kiwano, Mentimun Berduri dari Afrika

Buah ini mengandung 92 Kkal, 3,7 gram protein dan 2,6 gram lemak. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin C, A, zat besi, kalsium hingga fosfor.

Dikutip dalam Healthline, berikut ini beberapa manfaat buah kiwano bagi tubuh.

1. Tinggi antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang ditemukan dalam makanan tertentu dan dapat melindungi terhadap kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif dalam tubuh.

Meskipun reaksi oksidatif adalah bagian normal dari metabolisme manusia, terlalu banyak strain oksidatif dapat menyebabkan peradangan dan gangguan fungsi seluler dari waktu ke waktu.

Anda dapat meminimalkan potensi kerusakan sel dengan mengonsumsi kiwano. Selain itu kiwano juga mengandung vitamin C, vitamin A, zinc dan lutein. Bersama-sama berperan dalam mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kronis seperti diabetes, jantung dan kanker.

Ternyata Buah yang Dipetik Thanos di Avengers: Endgame Kaya KhasiatFoto: iStock

2. Memproduksi sel darah merah

Kiwano merupakan sumber zat besi yang baik dan menyediakan 13 persen kebutuhan harian. Sel darah merah menyimpan zat yang mengandung zat besi yang disebut hemoglobin. Zat ini digunakan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Zat besi yang ada di dalam buah kiwano mengandung bentuk mineral yang dikenal sebagai zat non jeme dengan vitamin C meningkatkan tingkat penyerapannya. Buah ini juga tinggi vitamin C sehingga dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang ada di dalam buah. Sehingga lebih efektif dalam menyerap dan produksi sel darah merah.

3. Dapat memperbaiki mood


Kiwano mengandung magnesium dan zinc. Dua mineral ini berkiatan erat dengan kesehatan mental dan pemeliharaan fungsi fungsi otak yang sehat.

Magnesium dan zinc terkandung dalam buah kiwano yang sama-sama terlibat dalam memproduksi neurotransmitter yang dapat mempengaruhi suasana hati dan berkaitan dengan beberapa gangguan terkait suasana hati seperti depresi dan kecemasan.

3. Mengontrol gula darah

Buah kiwano memiliki indeks glikemik rendah, ini berarti tidak akan membuat gula darah naik secara signifikan. Kiwano juga kaya akan sumber magnesium atau mineral yang terlibat langsung dalam metabolisme glukosa dan insulin.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Elsevier, menyebut kalau ekstrak buah kiwano secara signifikan dapat mengurangi gula darah pada penderita diabetes.

Ternyata Buah yang Dipetik Thanos di Avengers: Endgame Kaya KhasiatFoto: iStock

4. Tingkatkan kesehatan tulang

Kiwano mengandung beberapa nutrisi yang dapat menunjang kesehatan tulang dan gigi. Kandungannya yaitu magnesium, vitamin C dan zinc.

5. Sehatkan kulit

Kandungan vitamin C dan air yang ada di dalam kiwano ternyata bisa melembapkan dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

Selain itu, kedua kandungan tersebut juga dapat memproduksi kolagen, menyembuhkan luka, dan memberikan perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari.

Rasa buah ini mirip dengan mentimun. Cara menikmatinya adalah dengan membuka bagian kultnya dan langsung menyendoki bagian dalamnya. Beberapa orang juga menambahkan sedikit garam atau gula untuk menambah rasa. Bisa juga campurkan dengan yogurt dan juga es krim.

Baca juga: Kiwano dan Cherymoya, Buah Unik dan Cantik di Dunia (lus/odi)