Saat Lagi Diet, Perbanyak Konsumsi 10 Sayuran Rendah Kalori Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 01 Mei 2019 08:43 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah dan sayuran penting dikonsumsi tiap hari. Namun kalau lagi diet, pilih 10 sayuran yang rendah kalori agar berat badan tak merangkak naik.

Saat sedang berusaha turunkan berat badan, konsumsi buah dan sayur wajib diperhatikan. Bahan makanan segar ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh terutama serat. Dengan mengasup serat yang cukup, rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

Selain itu, sudah ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa menambahkan buah dan sayuran dalam makanan sehari-hari dapat mengurangi risiko banyak penyakit. Hal ini karena sayuran mengandung kadar natrium, gula, lemak, dan kolesterol yang rendah.

Gula, garam, dan lemak yang berlebihan adalah penyebab umum kenaikan berat badan. Sayuran tidak mengandung semuanya, justru sayuran penuh dengan fitonutrien dan antioksidan, yang melawan peradangan dan juga membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda sedang melakukan diet rendah kalori dan ingin mendapatkan hasil cepat dengan cara yang sehat, maka berikut 10 sayuran rendah kalori yang direkomendasikan NDTV (30/4) ini wajib dikonsumsi.

Baca Juga: Ini 8 Tanda dari Tubuh Kalau Kamu Kurang Makan Sayuran

1. Brokoli

Brokoli termasuk salah satu sayuran rendah kalori yang paling disukai. Brokoli banyak digunakan dalam makanan vegetarian dan enak disajikan dengan daging. Sayuran ini sangat rendah kalori karena hanya mengandung 34 kalori per 100 gram. Brokoli juga mengandung vitamin C dan serat dalam jumlah tinggi.

Saat Lagi Diet, Perbanyak Konsumsi 10 Sayuran Rendah Kalori IniFoto: iStock

2. Kembang Kol

Kembang kol sangat populer dalam diet rendah karbohidrat seperti diet ketogenik. Sayuran ini hanya mengandung 25 kalori per 100 gram. Nutrisi lainnya adalah kalium, serat dan vitamin C.

3. Kubis

Kubis mengandung jumlah kalori yang sama dengan kembang kol dan sedikit lebih kaya serat daripada kol lainnya. Kubis dapat dimasak jadi sup, kaldu dan bahkan dapat ditambahkan ke sandwich atau salad.

4. Wortel

Wortel dianggap sebagai makanan super dan dapat dimakan mentah atau bisa dimasukkan kedalam salad. Wortel hanya mengandung 41 kalori per 100 gram. Wortel juga mengandung lemak dan kolesterol, bersama dengan jumlah vitamin A dan kalium, serta jumlah serat yang cukup.

Saat Lagi Diet, Perbanyak Konsumsi 10 Sayuran Rendah Kalori IniFoto: Foto: Getty Images

5. Bayam

Salah satu sayuran berdaun hijau paling bergizi, bayam, cocok untuk diet apa pun. Bayam hanya mengandung 23 kalori per 100 gram dan dapat dimasak menjadi salad, sup, pasta, bahkan smoothie. Bayam juga mengandung protein dan zat besi, serta vitamin B penting.

6. Mentimun

Mentimun sebagian besar mengandung air dan juga merupakan salah satu sayuran rendah kalori terbaik yang bisa ditambahkan ke dalam diet Anda. Mentimun mengandung 15 kalori dalam porsi 100 gram. Mentimun juga mengandung jumlah kalium yang baik dan sehat untuk dikonsumsi selama musim panas.

7. Labu Botol (Lauki)

Lauki atau labu botol adalah sayuran yang sangat rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi. Labu ini hanya mengandung 15 kalori per 100 gram. Sayuran ini tidak ada lemak atau kolesterol.

Saat Lagi Diet, Perbanyak Konsumsi 10 Sayuran Rendah Kalori IniFoto: iStock

8. Jamur

Jamur dianggap sangat bergizi. Jamur hanya mengandung 22 kalori dalam setiap porsi 100 gram. Jamur juga memiliki jumlah kalium yang sangat baik, yang merupakan mineral yang bertanggung jawab untuk melindungi jantung. Jamur juga memiliki kandungan serat yang baik.

9. Paprika

Capsicum atau paprika manis mungkin tidak terlihat seperti sayuran rendah kalori. Porsi 100 gram paprika hanya mengandung 20 kalori. Paprika juga mengandung hampir 5 gram atau serat, serta vitamin C dalam jumlah tinggi.

10. Selada

Sayuran berdaun renyah yang lezat ini dapat ditambahkan ke salad atau sandwich. Selada mengandung vitamin A dalam jumlah tinggi dan hanya 15 kalori dalam porsi 100 gram.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Salad, Krenyes Segar Sayuran Pecel Juga Kaya Nutrisi

(adr/adr)