Bahan Alami dalam Bumbu Kari Bisa Bantu Atasi Masalah Pernapasan

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 17 Apr 2019 18:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kari jadi bumbu yang punya rasa dan aroma kuat. Berupa campuran beberapa rempah alami dalam bumbu kari ternuata punya khasiat untukt kesehatan.

Bagi pecinta makanan yang berbumbu kuat, kari menjadi yang paling favorit. Tetapi siapa sangka ternyata rempah pada kari dapat membantu masalah pernapasan.

Menurut sebuah studi dari Japanese curry roux maker House Foods Corp dan seorang profesor di Universitas Kyoto, rempah-rempah yang biasa digunakan dalam kari dapat membantu masalah pernapasan. Terutama yang disebabkan oleh partikel halus atau penyebab polusi di udara.

Bahan Alami dalam Bumbu Kari Bisa Bantu Atasi Masalah PernapasanFoto: iStock

Studi ini menemukan bahwa cengkih, kunyit, kayu manis dan ketumbar memiliki kekuatan untuk menekan peradangan yang disebabkan oleh polutan udara sebesar PM 2.5.


Hasilnya diketahui dari percobaan laboratorium yang menggunakan sel saluran napas manusia yang gemar mengkonsumsi kari dengan kandungan rempah-rempah.

Baca Juga: Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!

Partikulat PM 2.5 sendiri adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikrometer.

"Kami dapat memberikan hasil positif. Ada kemungkinan baik bahwa dengan mengkonsumsi rempah-rempah juga akan menghasilkan hasil yang diinginkan," kata Hirohisa Takano, professor of environmental medicine di salah satu universitas negeri.

"Kita harus melakukan penelitian lebih lanjut."tambahnya.

Bahan Alami dalam Bumbu Kari Bisa Bantu Atasi Masalah PernapasanFoto: iStock

Sebuah unit dari House Foods Group Inc, mengatakan akan melakukan studi tambahan mengenai manfaat kesehatan dari kari supaya dapat meningkatkan konsumsi.

PM2.5 adalah partikel berukuran 2,5 mikron yang dapat menimbulkan risiko besar bagi kesehatan karena mereka mampu menembus paru-paru manusia dan memasuki aliran darah yang dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, kanker paru-paru, pneumonia dan penyakit lainnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Labu Siam yang Empuk Manis Untuk Kesehatan (lus/lus)
Breaking News
×
Putusan Sengketa Pilpres 2019
Putusan Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya