Sereal atau Telur, Mana yang Lebih Bernutrisi Untuk Sarapan?

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 02 Apr 2019 05:35 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Telur dan sereal sering dinikmati banyak orang untuk sarapan. Ini karena keduanya praktis dan enak. Tetapi mana yang lebih menyehatkan, telur atau sereal?

Jangan melewatkan sarapan jika Anda ingin sehat. Sarapan menjadi waktu makan yang paling penting. Dengan mengonsumsi sarapan dengan benar, tubuh akan mendapatkan energi sehingga siap untuk menjalani hari. Protein sangat penting bagi tubuh, namun banyak yang memilih makanan tinggi karbohidrat dan gula di pagi hari.

Dua pilihan paling populer untuk menu sarapan adalah telur dan sereal. Telur sangat mudah dan luwes diolah dengan beragam bahan. Meskipun perlu dimasak terlebih dahulu.
Sereal atau Telur, Mana yang Lebih Bernutrisi Untuk Sarapan?Foto: istimewa

Sedangkan sereal lebih mudah dan praktis. Hanya perlu menuangi susu segar dan bisa langsung disendoki dan dimakan. Tetapi apakah sereal lebih sehat dibandingkan dengan telur?

Baca Juga: Mau Sarapan Telur? Ini Sajian yang Cocok Sesuai Zodiak

Ditinjau dari kandungan nutrisinya, telur lebih bergizi. Tetapi banyak yang lebih memilih sereal sebagai makanan untuk sarapan, selain praktis, sereal juga dikenal sebagai makanan yang sehat. Untuk mendapatkan khasiat sehatnya sebaiknya cari sereal yang sedikit mengandung gula, rendah kalori, dan jumlah serat tertinggi diantara beragam sereal yang ada di pasaran.

Kemasan warna-warni dan hadiah serta bonus hadiah dalam kemasan sering menggoda. Periksa label pada kemasan untuk mengetahui kandungan nutrisi setiap sereal sarapan. Hindari sereal sarapan dengan biji-bijian olahan dan sebagai gantinya pilihlah biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah.

Hindari sereal yang memiliki terlalu banyak rasa buatan dan kandungan natrium. Sebaiknya tambahkan nutrisi sereal dengan menambahkan beberapa kacang-kacangan dan buah-buahan segar atau kering ke dalamnya.

Semangkuk sereal sarapan sehat dapat memberikan asupan nutrisi yang baik untuk Anda termasuk serat gula alami dan vitamin (dari buah-buahan dan kacang-kacangan) dan protein (dari kacang-kacangan dan susu).
Sereal atau Telur, Mana yang Lebih Bernutrisi Untuk Sarapan?Foto: istimewa

Dibandingkan dengan telur, telur tidak mengandung serat, tetapi memiliki jumlah lemak sehat yang baik (dalam kuning telur) dan protein (dalam kuning telur dan putih). Namun, Anda dapat mengonsumsi telur dengan sepotong roti gandum supaya mendapat asupan karbohidrat.

Baik sereal maupun telur punya kandungan nutrisi yang diperlukan di pagi hari. Masing-masing punya kelebihan. Anda harus cermat menyiasati dengan bahan tambahan agar nutrisinya makin lengkap.

Juga tergantung dengan apa yang ingin Anda dapat dari sarapan tersebut, jika Anda ingin meningkatkan massa otot dan turunkan berat badan, makanlah telur. Tetapi jika Anda hanya ingin kenyang, Anda bisa konsumsi semangkuk sereal plus susu.

Baca Juga: Lebih Cepat Turun Berat Badan Kalau Sarapan Makanan Ini (dvs/odi)