Kaesang Curhat Soal Jerawat, Apa Benar Makan Banyak Gorengan Picu Jerawat?

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 12 Feb 2019 14:30 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Putra bungsu Joko Widodo akhirnya membuat cuitan soal skin care. Ia mengeluhkan jerawat yang muncul di wajahnya. Apa ada hubungannya dengan makan gorengan?

Melalui akun Twitter @kaesangp, Selasa (12/02) pemilik bisnis Sang Pisang ini curhat soal jerawat. Ia mengunggah foto wajahnya dan menandai jerawat yang ada di area dagu dan pipinya.

"Ini foto diambil pada tanggal 16 Februari 2018. Baru di bagian dagu dan pipi kanan aja udah ada 5 jerawat yang merah dan bernanah," tulisnya.

Kaesang Curhat Soal Jerawat, Apa Benar Makan Banyak Gorengan Picu Jerawat?Foto: Twitter @kaesangp

Berkunjung ke dokter kulit, ia mengaku tidak ada perubahan yang terjadi. Kaesang pun kerap kali mencoba berbagai macam produk perawatan kulit.

Baca juga: Pisang Nugget atau Pisang Goreng? Klaim Kaesang Vs Jokowi Ramai di Medsos

Menilik akun Instagramnya, Kaesang juga pernah mengunggah foto wajahnya yang penuh dengan minyak. "Muka bagaikan lautan minyak," tutur Kaesang saat mengunggah foto dirinya duduk dengan kemeja putih.

Kaesang Curhat Soal Jerawat, Apa Benar Makan Banyak Gorengan Picu Jerawat?Foto: Instagram @kaesangp

Banyak yang menyebutkan kalau terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng seperti pisang goreng atau mendoan bisa sebabkan produksi minyak lebih banyak di wajah. Namun, makanan bukan satu-satunya penyebab.

Rajin membersihkan wajah diyakini bisa membantu atasi kelebihan minyak wajah yang berujung pada pencegahan pertumbuhan jerawat.

Agar tak berjerawat, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi. Salah satu makanannya yang mengandung antioksidan hingga omega 3.

1. Teh hijau

Polifenol yang terkandung dalam teh hijau terbukti dapat mengurangi produksi sebum (minyak) dan peradangan kulit. Sebuah studi tahun 2010 di Jurnal Bosnia Ilmu Kedokteran Dasar menerapkan 3 persen ekstrak teh hijau etanol pada kulit sehat dari sepuluh pria berusia 24 hingga 40 tahun selama delapan minggu.

Mereka menemukan pengurangan sebum sebanyak 10 persen pada minggu pertama dan penurunan 60 persen pada akhir percobaan (delapan minggu). Banyak orang yang melaporkan mengalami efek ini setelah minum teh hijau setiap hari selama beberapa minggu.

Kaesang Curhat Soal Jerawat, Apa Benar Makan Banyak Gorengan Picu Jerawat?Foto: iStock

2. Kunyit

Kunyit yang sering digunakan sebagai bumbu masakan Asia dan Timur Tengah ini dinilai mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Curcumin yang terkandung di dalamnya merupakan polifenol yang kuat dan terbukti mengurangi produksi bakteri yang menyebabkan jerawat.

Penelitian menunjukkan kunyit bermanfaat mengurangi produksi bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Penelitian menunjukkan kunyit bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kunyit bisa dicampurkan ke dalam nasi, teh atau pun smoothies.

3. Asam lemak omega-3 dan omega-6

Konsumsi asam lemak omega 3 dan 6 haruslah seimbang dengan konsumsi omega 6 yang lebih sedikit. Makanan yang mengandung omega 3 dapat ditingkatkan dengan menambahkan biji flaxseed ke makanan atau pun chia seed ke dalam smoothies.

Mengurangi sumber omega 6 bisa dengan menekan konsumsi makanan yang digoreng dengan minyak kelapa sawit hingga beberapa jenis minyak lainnya.

Baca juga: Ini Masakan Iriana Jokowi yang Paling Disukai Kaesang Pangarep

Kaesang Curhat Soal Jerawat, Apa Benar Makan Banyak Gorengan Picu Jerawat?Foto: iStock

4. Vitamin A,E dan D

Memiliki kadar rendah vitamin A,E dan D yang larut dalam lemak telah diamati banyak orang yang punya jerawat. Vitamin A ditemukan dalam wortel, ubi jalar, labu, blewah dan sayuran berdaun gelap.

Saat terkena sinar matahari, kulit menghasilkan vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin D dalam bentuk suplemen. Sedangkan vitamin E banyak terkandung dalam kacang, biji bunga matahari hingga brokoli.

5. Antioksidan

Makanan nabati dengan warna-warni mengandung antioksidan tinggi. Tidak hanya bisa mencegah penyakit, tetapi juga cegah pertumbuhan jerawat. Agar menikmati makanan tinggi antioksidan semakin asik, Anda bisa membuatnya dalam bentuk salad.

Buah-buahan warna-warni bisa jadi pilihan. Salah satu antioksidan yang sangat kuat untuk melawan jerawat adalah resveratrol. Senyawa ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri propionibacterium acnes.

Resveratrol banyak terkandung dalam blueberry, cranberry, kacang tanah, pistachio dan dark chocolate. (lus/odi)