Sarapan Enak Bernutrisi dengan Olahan Bayam dan Telur

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 23 Jan 2019 06:42 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebagai makanan harian terpenting, menu sarapan harus diperhatikan dengan benar. Konsumsi bayam dan telur bisa jadi pilihan di pagi hari.

Tubuh butuh asupan energi setelah berpuasa selama berjam-jam di malam hari. Sayur bayam dan telur menyediakan berbagai nutrisi sehat yang diperlukan tubuh. Selain rasanya yang enak, cara pembuatannya juga praktis seperti dilansir dari SF Gate (22/01).

Baca Juga: Ganti Nasi dengan Kentang Untuk Sarapan yang Lebih Sehat

1. Nutrisi

Sarapan Enak Bernutrisi dengan Olahan Bayam dan TelurFoto: iStock
Satu cangkir bayam yang dimasak dengan telur rebus mengandung sekitar 110 kalori dan terdiri dari 11 gram protein dan 4 gram serat. Kombinasi nutrisi ini setidaknya memberikan asupan harian seperti vitamin A, folat, hingga magnesium yang dibutuhkan tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Februari 2010 di Nutrition Research, menu sarapan ini sangat bermanfaat untuk tubuh. Seperti membantu tetap fokus sepanjang hari, menjaga berat badan dan menurunkan kadar kolesterol jahat.


2. Manfaat Kesehatan


Selain memasok energi dan membuat Anda berkonsentrasi lebih baik, sarapan dengan telur dan bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nutrisi yang ada di dalam telur juga dapat membantu menstabilkan gula darah. Sedangkan bayam diketahui kaya fitokimia sekitar 20,4 mg per cangkir, yang disebut lutein dan zeaxanthin.

Sementara kandungan kalsium dalam bayam dapat menguatkan tulang, hingga bagus untuk kulit. Karena sayuran hijau ini kaya akan antioksidan, yang penting untuk pertumbuhan sel kulit dan membuat kulit jadi lebih lembut.


3. Penglihatan

Sarapan Enak Bernutrisi dengan Olahan Bayam dan TelurFoto: iStock
Selain baik untuk tubuh dan kulit, rutin sarapan dengan bayam dan telur dapat meningkatkan kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam bayam, serta nutrisi dari telur dapat membantu menjaga mata Anda tetap sehat, serta menurunkan risiko terkena katarak yang umumnya terjadi seiring bertambahnya usia.


4. Manfaat telur


Jika bayam menyumbang banyak nutrisi dan vitamin untuk tubuh, begitu juga dengan telur. Telur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, karena telur merupakan sumber protein dan nutrisi penting yang membantu memasok energi sekaligus metabolisme. Agar menu sarapan tetap sehat, hindari menggoreng telur. Telur bisa direbus atau digoreng menggunakan sedikit minyak zaitun.


5. Menu bayam

Sarapan Enak Bernutrisi dengan Olahan Bayam dan TelurFoto: iStock
Kalau bingung mengolah bayam, sayuran hijau ini enak ditumis dengan potongan daging sapi dan tauge. Rasanya enak dan gurih. Bisa juga tambahkan telur mata sapi goreng dengan minyak zaitun. Cek resep lengkapnya di sini. (sob/adr)