Kalau Ngidam Es Krim atau Keripik, Coba Ganti Camilan Sehat Ini

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 16 Jan 2019 19:24 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak ada salahnya puaskan hasrat ngemil, tapi kalau makanan yang diidamkan tak sehat, coba ganti dengan camilan ini. Mulai dari smoothies pisang hingga kacang.

Keinginan ngemil terkadang sulit dilawan. Alih-alih membiarkan tubuh kelaparan, Anda disarankan tetap memenuhi hasrat itu. Hanya saja untuk mengakalinya, camilan yang kurang sehat bisa diganti dengan makanan yang lebih bernutrisi. This Is Insider (15/1) merangkumnya seperti berikut:

1. Ngidam es krim ganti smoothies pisang

Kalau Ngidam Es Krim atau Keripik, Coba Ganti Camilan Sehat IniFoto: iStock
Sering kali kita menginginkan makanan dingin yang manis seperti es krim. Sayangnya es krim kerap tinggi gula yang membuatnya kurang baik untuk kesehatan. Anda bisa menggantinya dengan smoothies pisang bernutrisi.

"Kupas pisang yang sangat matang dan bekukan dengan menaruhnya di aluminium foil. Setelah itu, haluskan pisang beku di blender bersama ekstrak vanilla dan yogurt vanilla," tutur ahli gizi Caroline Apovian. Cita rasa camilan sehat ini pun dijamin mirip es krim pisang.

2. Ngidam popcorn mentega ganti popcorn plus minyak zaitun

Kalau Ngidam Es Krim atau Keripik, Coba Ganti Camilan Sehat IniFoto: iStock
Penggunaan mentega untuk membuat popcorn menjadikan camilan ini tinggi kalori. Untuk mengakalinya, masak popcorn dengan minyak zaitun yang lebih sehat.

Ahli gizi Laura N. Brown lalu merekomendasikan tambahan bumbu alami. Taburi popcorn dengan sedikit garam, bubuk bawang putih, atau bubuk cabe untuk membuat rasanya lebih enak. Pasalnya popcorn tergolong camilan sehat yang tinggi serat sehingga bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

3. Ngidam makanan creamy ganti alpukat

Kalau Ngidam Es Krim atau Keripik, Coba Ganti Camilan Sehat IniFoto: iStock
Tak jarang Anda ingin sekali makan pasta atau hidangan lain berbalut saus keju atau saus creamy. Hal ini bisa disiasati dengan konsumsi alpukat yang teksturnya juga creamy.

Bedanya alpukat lebih sehat dari keju atau krim segar karena mengandung lemak sehat. Hal ini dijelaskan ahli gizi Joelle Malinowski. Keuntungan lainnya, alpukat mudah diolah jadi beragam hidangan enak.

4. Ganti pasta biasa dengan pasta berbahan kacang

Kalau Ngidam Es Krim atau Keripik, Coba Ganti Camilan Sehat IniFoto: Instagram
"Coba pasta berbahan kacang-kacangan sebagai alternatif pasta biasa," ujar ahli gizi Rachel Fine. Pasta berbahan kacang secara signifikan lebih bernutrisi karena mengandung serat dan protein alami.

5. Ngidam keripik kentang ganti kacang

Kalau Ngidam Es Krim atau Keripik, Coba Ganti Camilan Sehat IniFoto: iStock
Yang juga sulit dihindari adalah ngidam keripik kentang. Teksturnya yang renyah dengan cita rasa gurih selalu membuat keripik kentang dicari.

Kalau mau pilihan lebih sehat, ganti keripik kentang dengan kacang-kacangan. Tentunya kacang alami yang tak ditambahkan banyak bahan. Kacang menghadirkan rasa puas yang tidak ada pada keripik kentang karena justru membuat Anda ingin memakannya lagi dan lagi. (dwa/odi)