Saat Usia Bertambah, Seringlah Konsumsi 5 Makanan Enak Ini

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 28 Des 2018 14:25 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bertambahnya usia membuat kondisi tubuh ikut menurun. Karenanya Anda perlu menambah konsumsi 5 bahan makanan bernutrisi ini.

Metabolismen tubuh ikut berubah seiring bertambahnya usia. Karenanya Anda harus pandai merawat tubuh agar seluruh organ tubuh ternutrisi dengan baik.

Ada beberapa bahan makanan yang cocok untuk menuntrisi tubuh seiring bertambahnya usia. Seperti 5 makanan enak ini.


1. Telur

Saat Usia Bertambah, Seringlah Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: Istimewa
Menurut ahli nutrisi Pamela Schoenfeld MS RD LDN, telur jadi sumber protein dan nutrisi yang paling bernilai. Telur kaya protein, biotin, dan kolin.

Protein melindungi tulang dari keropos sekaligus kuatkan otot. Sedangkan kolin bantu bersihkan lemak di hati lalu biotin diperlukan tubuh sebagai energi serta baik bagi kesehatan kulit dan kuku.

Telur dari ayam yang digembalakkan juga lebih punya banyak khasiat. Telur itu mengandung vitamin K2, D, dan A serta mengandung lutein dan zeaxanthin yang lebih tinggi.

2. Kubis

Saat Usia Bertambah, Seringlah Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: Istimewa
Sayuran hijau seperti keluarga kubis juga baik dikonsumsi. Keluarga kubis dikenal sebagai sayuran silangan. Sayuran hijau seperti kangkung, brokoli, kol, kubis brussel hingga kembang kol masuk dalam rumpun keluarga kubis.

Sayuran ini memasok belerang, nutrisi penting bagi kulit, persendian, dan hampir semua organ yang ada di tubuh, jelas Schoenfeld. Khasiat lain dari konsumsi sayuran ini ialah bisa mendetoksifikasi tubuh. Sehingga menghilangkan racun dalam tubuh secara efektif.

"Pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan-(cukup) dua porsi per hari, sekitar 1-2 cangkir, itu sudah bisa penuhi kebutuhan Anda. Jika lebih dari itu, bisa mengganggu kinerja hormon tiroid tubuh," tutur Schoenfeld pada This Is Insider (11/12).

3. Rempah-rempah

Saat Usia Bertambah, Seringlah Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: Istimewa
Rempah-rempah seperti kunyit, kayu manis hingga herbal seperti rosemary sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ketiga bahan itu bantu tubuh untuk mencegah peradangan.

"Semua itu sangatlah spesial dalam membantu kurangi peradangan, menyokong peredaran gula dalam darah, dan melindungi serta mendukung fungsi kognitif (tubuh)," tambah Schoenfeld.

Ia juga menyarankan untuk menambahkan sedikit jamur, biji wijen, dan lada hitam. Ketiganya membantu penyerapan nutrisi terlebih dari rempah seperti kunyit.

4. Ikan

Saat Usia Bertambah, Seringlah Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: Istimewa
Tak salah Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti menyuruh kita untuk mengonsumsi ikan. Sebab ikan memang punya beragam manfaat bagi tubuh. Apalagi bagi Anda yang sudah berusia lanjut.

berdasarkan keterangan pemilik Balance:Food and Nutrition, Stephanie Bostic, lemak ikan yang ada pada ikan salmon, tuna, dan sarden jadi sumber protein tinggi. Ikan juga memiliki lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan mental dan cegah penurunan kognitif. Stephanie menjelaskan, makan ikan dua kali seminggu membuat tubuh merasakan manfaat tersebut.


5. Kacang

Saat Usia Bertambah, Seringlah Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: Istimewa
Kacang biasa dijadikan camilan. Rasanya yang gurih enak memang pas dijadikan teman nonton ataupun ngobrol bareng teman. Tapi dibalik itu, kacang punya segudang manfaat. Salah satunya bikin panjang umur.

"Orang yang makan kacang cenderung mengalami perbaikan dalam yang bermanfaat dalam nilai darah, seperti kolesterolnya. Kacang juga sumber serat, protein, dan lemak sehat," ungkap Stephanie. (dwa/odi)