Hidangan Natal

Ikuti 7 Langkah Ini Agar Tak Kalap Saat Makan Enak

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 24 Des 2018 12:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Hidangan Natal
Jakarta - Sajian serba istimewa menanti saat santap malam di pesta Natal. Coba siasati dengan trik ini agar tak berlebihan makan.

Ragam sajian lezat tersaji saat perayaan Natal. Anda pasti ingin melahap semua sajian yang ada sekaligus. Padahal hal itu bisa memicu kebanyakan kalori. Untuk itu, ikuti tips atasi kalap makan saat perayaan Natal ini.

1. Makan buah

Ikuti 7 Langkah Ini Agar Tak Kalap Saat Makan EnakFoto: Istimewa

Jangan biarkan perut kosong dan kelaparan saat akan melahap aneka sajian spesial Natal. Membiarkan perut kosong dan kelaparan justru membuat Anda jadi kalap dan makan lebih banyak. Untuk itu, sebelum makan, sebaiknya Anda mengisi perut dengan sebutir apel atau kacang-kacangan.

2. Minum air putih

Kalau malas melahap buah dan kacang, pilihan lainnya ialah meminum air putih. Sebanyak 60% tubuh orang dewasa mengandung air. Karenanya meminum segelas air putih sebelum makan, bisa menimbulkan rasa kenyang. Hal ini juga ampuh mengurangi konsumsi minuman ringan hingga alkohol.

3. Mulai dengan sup dan salad

Ikuti 7 Langkah Ini Agar Tak Kalap Saat Makan EnakFoto: Istimewa

Jangan tergoda untuk melahap semua sajian yang ada sekaligus. Sebaiknya, mulai santap Natal dengan semangkuk sup kaldu atau salad. Dengan menjadikan keduanya sebagai menu awal, Anda dijamin akan makan menu lainnya dalam porsi lebih sedikit.

4. Gunakan piring ukuran kecil

Cara ini dianggap ampuh. Dilaporkan This Is Insider (25/6), sebuah penelitian yang dilakukan Cornell University mengatakan bahwa membagi dua ukuran piring makan bisa mengurangi porsi makan sebesar 30%.

Para peneliti juga menyarankan agar meletakan makanan sehat dalam piring berukuran lebih besar. Gunanya agar Anda terbiasa melahap sajian sehat.

5. Jaga asupan alkohol

Ikuti 7 Langkah Ini Agar Tak Kalap Saat Makan EnakFoto: iStock

Rem konsumsi alkohol saat santap Natal. Sebab ketika Anda mengonsumsi alkohol, tubuh mengubah sebagian kecil alkohol menjadi lemak. Sisanya dikonversi oleh hati menjadi zat yang disebut asetat.

Asetat dengan cepat dilepaskan ke dalam aliran darah dan digunakan sebagai sumber utama energi tubuh. Kemudian tubuh menggunakan asetat untuk energi, bukan lemak yang tersimpan dalam tubuh. Sehingga makin banyak Anda minum alkohol, maka lebih banyak lemak tersimpan dalam tubuh. Selain itu, kabarnya konsumsi alkohol bisa meningkatkan nafsu makan.

6. Makan buah daripada dessert manis

Berbagai kue kering, cake hingga dessert manis lainnya tentunya mudah ditemui saat Natal. Anda bisa saja mengonsumsinya, tapi dalam porsi kecil. Anda bisa menyiasati keinginan makan makanan manis dengan melahap buah segar.

7. Pakai baju pas

Ikuti 7 Langkah Ini Agar Tak Kalap Saat Makan EnakFoto: iStock

Pakaian yang dikenakan saat perayaan Natal juga perlu diperhatikan. Sebaiknya pakai pakaian yang pas di tubuh. Jangan pakai pakaian dengan pinggang berkaret. Anda justru akan makan lebih banyak jika kenakan celana berpinggang karet. Untuk itu, pakailah celana dengan ikat pinggang atau jeans yang pas.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Natal
CNN World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya