Pilih Menu Sarapan Ini Agar Perut Tetap Kenyang dan Ramping

Devi Setya - detikFood Kamis, 13 Des 2018 06:35 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Pemilihan sarapan yang tepat bukan hanya menyumbang energi pada tubuh tapi juga tak menimbun lemak. Mau perut ramping? Poloh menu sarapan yang tepat.

Secara alami, volume perut akan bertambah usai menikmati makanan. Tapi ada menu sarapan yang tak bikin perut membuncit. Dilansir dari Healthy Eating (13/12) berikut beberapa makanan yang bisa jadi sumber energi pagi namun tak membuat perut membengkak.


1. Bubur oatmeal kombinasi protein
Mau Perut Rata Bebas Lemak? Pilih Menu Ini Buat SarapanFoto: Thinkstock

Daripada memilih oeatmeal manis dengan gula dan susu, lebih baik mengombinasikan oatmeal dengan sumber protein. Menurut Whole Grain Council, oat mampu menstabilkan hormon yang mengundang nafsu makan. Ini bagus karena bisa menghentikan keinginan untuk ngemil.

Oatmeal juga mengurangi tekanan darah, kolesterol dan menurunkan resiko diabetes. Dan satu yang penting yakni mengurangi lemak di perut dan menjaga perut tak membuncit.

2. Telur
Mau Perut Rata Bebas Lemak? Pilih Menu Ini Buat SarapanFoto: Istimewa

Telur kaya akan kandungan protein, lemak sehat, vitamin dan mineral jadi olahan telur bisa jadi pilihan tepat untuk sarapan. Kalau mau berat badan tetap terjaga dan lemak di perut tetap aman, coba sarapan dengan telur rebus.

Supaya makin enak, padukan telur rebus dengan roti gandum atau muffin whole grain. Menurut ahli gizi Jorge Cruise, telur dengan tambahan sayuran seperti bayam dan paprika akan membuatnya lebih kaya serat. Anda juga bisa menambahkan alpukat untuk rasa telur yang mantap.

3. Yoghurt dan Buah
Mau Perut Rata Bebas Lemak? Pilih Menu Ini Buat SarapanFoto: iStock

Yogurt bisa juga jadi pilihan karena olahan susu ini kaya protein dan rendah karbohidrat. Pilih yogurt yunani yang alami dan minim gula. Sarapan yogurt juga bisa melancarkan pencernaan sehingga membuat perut tampak rata meskipun habis makan.

Supaya rasa yogurt lebih menarik, tambahkan keju, almond panggang, kacang kenari atau kelapa muda. Berbagai buah juga bisa jadi pilihan mulai apel, buah kering dan mangga cincang.


4. Pertimbangkan ukuran porsi
Mau Perut Rata Bebas Lemak? Pilih Menu Ini Buat SarapanFoto: shutterstock

Sebenarnya yang perlu diperhatikan selain pilihan menu makanan adalah jumlah porsi yang disantap. Sesuaikan kebutuhan asupan makanan dengan aktivitas yang akan dijalani.

Jangan sampai mengurangi asupan sarapan di saat Anda akan melakukan aktivitas yang padat. Pertimbangkan juga pilihan menu makan siang yang akan disantap, jika memilih makan minimalis saat sarapan coba makan makanan yang lebih kaya nutrisi saat santap siang. (dvs/odi)