Manis Renyah Melon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 30 Nov 2018 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Melon yang memiliki rasa manis tenyata punya segudang manfaat. Tidak hanya bisa membantu turunkan berar badan, tetapi juga membuat kulit lebih sehat.

Melon mengandung nutrisi dan vitamin serta rendah kalori. Melon juga kaya akan kalium, kalsium, zinc, zat besu, fosfor dan mangan. Sangat enak dinikmati menjadi jus atau campuran salad buah. Dikutip dalam Boldsky (20/11) berikut 10 manfaat yang bisa didapatkan jika rutin konsumsi buah melon.

Baca juga: Jeruk dan Melon Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

1. Cegah hipertensi

Manis Renyah Melon Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Kandungan potassium yang tinggi dalam buah melon sangat ideal untuk menurunkan hipertensi. Kandungan potassium membantasi peningkatan tekanan darah dan membantu tubuh menjaga keseimbangannya. Beberapa orang juga memanfaarkan melon sebagai pengganti garam karena sifatnya yang manis sedikit asam. Agar aman rasanya, racik saja buah melon menjadi salad atau jus.

2. Bermanfaat untuk ibu hamil

Kandungan mineral, vitamin dan antioksidan dapat membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh ibu serta janin. Apalagi kandungan folat dalam buah melon bisa dapat mencegah bayi cacat lahir. Konsumsi madu juga dapat memberikan energi, mencegah keram kaki dan anemia dan mempertahankan tingkat tenanan darag.

Buah yang satu ini tidak hanya bermanfaat selama kehamilan tetapi juga setelahnya. Kandungan vitamin A juga dapat membantu pemulihan jaringan postpartum yang juga telah terbukti dalam buah-buahan lain seperti mangga dan anggur.

3. Membantu kurangi berat badan

Manis Renyah Melon Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Kandungan serat tinggi dan kalorinya yang rendah menjadikan buah melon sebagai komponen penting di dalam diet Anda. Serat membantu proses pencernaan, mengurangi timbulnya masalah terkait pencernaan seperti sembelit. Kandungan air yang tinggi yaitu sekitar 90 persen dan rendah kalori bisa membantu perut terasa kenyang lebih lama dan mencegah kecenderungan makan secara berlebihan.

4. Ada dua jenis serat

Di dalam buah melon terdapat dua jenis serat. Serat larut membantu keseimbangan gula darah, karena memperlambat penyerapan karbohidrat. Kandyngan serat langsung menyentuh kolesterol LDL yang dikenal sebagai kolesterol 'jahat' yang terakumulasi sebagai hasil dari plak. Demikian juga, buah ini dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

5. Tingkatkan kesehatan tulang, gigi dan mata

Manis Renyah Melon Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Melon mengandung kalsium yang dapat membantu kuatkan gigi dan tulang. Selain itu juga ada kandungan zeaxanthun dan lutein yang penting untuk kesehatan mata. Konsumsi fitonutrien harian dapat membantu mengurangi risiko infeksi mata dan juga katarak.

6. Membuat kulit halus dan sehat

Kandungan vitamin C dalam buah dapat membantu menyehatkan kulit Anda dengan meningkatkan kadar kolagen. Kolagen merupakan sejenis protein yang menjamin peningkatan sel-sel kulit dan sel-sel darah. Konsumsi jus melon dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, kerutan dan kulit kendur. Buah ini juga memiliki sifat melembabkan yang baik untuk kulit.

7. Sehatkan pencernaan

Kandungan serat yang tidak larut dakam buah ini bisa berpengaruh langsung terhadap pencernaan Anda. Segelas jus melin dapat mengurangi kembung dan sembelit secara lebih efisien. Kandungan mineral dan air dalam buah dapat menghilangkan keasaman dalam lambut yang menyebabkan kesulitan mencerna.

Baca juga: Aduhai Segarnya! 10 Racikan Es Melon Netizen Untuk Sajian Buka Puasa

8. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Melon memberikan sumbangan vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan Anda. Sistem kekebalan yang lebih kuat dapat melawan perkembangan bakteri yang menyebabkan penyakut dan berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Penelitian telah mengungkapkan bahwa konsumsi melon dapat menyediakan hingga 34 persen dari kebutuhan vitamin C Anda.

9. Cegah diabetes

Diebetes merupakan penyakit dari hasil ketidakmampuan tubuh untuk mempertahankan atau mengembangkan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sifat diuretik dapat mengatur produksi insulin. Dengan demikian, konsumsi buah melin juga daoat mengatur retensi cairan. Kandungan glukosanya yang rendah bisa dikonsumsi penderita diabetes.

10. Menghidrasi tubuh

Manis Renyah Melon Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Buah melon tinggi akan kandungan airnya. Terbuat dari 90 persen air, mengonsumsi buah ini secara rutin bisa membantu pemasukan zat besi, zinc, magnesium dan potassium di dalam tubuh. Dan tentunya mencegah dehidrasi.

Baca juga: Buah Melon Oranye Sehatkan Mata dan Bikin Kulit Cerah (lus/odi)