Agar Usus Tetap Sehat, Konsumsi Bahan Alami Ini Untuk Sarapan

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 09 Nov 2018 06:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jaga kesehatan usus dengan konsumsi bahan alami yang kaya nutrisi dan baik dikonsumsi di pagi hari ini. Sehingga Anda terhindar dari peradangan usus.

Sebagian besar masalah di dalam pencernaan dan perut diakibatkan oleh usus yang tak sehat. Karena itu, sangat penting menjaga kesehatan usus. Usus yang sehat bisa didapat lewat konsumsi beberapa bahan alami.

Apalagi jika dikonsumsi di pagi hari. Sebab makanan pettama yang dikonsumsi bisa mengurangi peradangan dalam usus.

Agar Usus Sehat, Konsumsi Bahan Alami Ini Untuk SarapanFoto: Istock
Perhatikan pula jumlah nutrisi yang ada dalam menu sarapan Anda. Karena hal itu mempengaruhi jumlah bakteri yang ada di dalam usus. Hal itulah yang disampaikan ahli gizi Inggris sekaligus pemilik Fit Fresh Cuisine, Sarah Berndt.

"Nutrisi mempengaruhi baik jenis atau pun jumlah bakteri dalam usus kita. Pada dasarnya, bakteri usus kita memakan apa yang kita makan dan ini berdampak pada kesehatan tubuh kita secara keseluruhan dari mulai sistem pencernaan hingga sistem kekebalan tubuh kita baik terhadap energi maupun suasana hati kita," jelas Sarah Berndt pada She Finds (25/4).

Baca juga: Rutin Konsumsi Kunyit dan Teh Hijau Agar Terhindar dari Kanker Usus Besar

Agar Usus Sehat, Konsumsi Bahan Alami Ini Untuk SarapanFoto: ilustrasi/thinkstock
Untuk itu, jika terjadi peradangan pada usus, akan ada banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh. Berndt menjelaskan, "Tampaknya mikrobioma usus mengatur respon peradangan, bertindak seperti termostat yang mengatur dan menekannya untuk melindungi tubuh dari bakteri berbahaya seperti patogen dan racun."

Kebanyakan orang menelan suplemen probiotik setiap pagi untuk menjaga kesehatan usus. Hal itu berguna untuk menyokong mikrobioma usus agar tetap berkembang.

Meski demikian, Berndt mengatakan kalau ada bahan alami yang bisa dikonsumsi di pagi hari yang bisa menyehatkan usus. Karenanya ia menyarankan agar Anda melahap bahan alami ini sebagai menu sarapan.

Agar Usus Sehat, Konsumsi Bahan Alami Ini Untuk SarapanFoto: iStock
Bahan itu tak lain dan tak bukan adalah plain yogurt. Plain yogurt sangat baik dilahap di pagi hari. Ia merekomendasikan plain yogurt atau pun greek yogurt yang hanya mengandung sedikit gula. Hebatnya lagi, plain yogurt atau pun greek yogurt memang mengandung gula lebih sedikit dibanding buah-buahan.

Anda bisa memadukan plain yogurt dengan biji-bijian dan kacang-kacangan. "Saya awali pagi saya dengan melahap yogurt. Ini membuat nyaman, lezat, kaya akan bakteri baik yang tentunya menyehatkan usus saya," ungkap Berndt.

Ia juga menyarankan agar memadukan yogurt dengan granola. Sebab keduanya memiliki gula rendah namun berserat tinggi. Keduanya masuk dalam bahan alami yang ramah usus.

Baca juga: Makan Yogurt Saat Sarapan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya (dwa/odi)