Apa Benar Diet Kentang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat?

Riska Fitria - detikFood Selasa, 30 Okt 2018 10:46 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Mereka yang sedang turunkan berat badan sering mengganti nasi dengan kentang. Alasannya karena karbohidrat kentang lebih rendah. Benarkah?

Kentang populer sebagai pengganti nasi. Terlalu banyak kentang juga bisa berakibat buruk baik untuk berat badan maupun untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.. Namun, pernyataan tersebut pun dipatahkan dengan hal baru.

Kini hadir diet kentang yang dipercaya akan memberikan efek sebaliknya, yaitu sehat dan bisa menurunkan berat badan. Bagaimana cara mengasupnya?
Apa Benar Diet Kentang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat?Foto: Istock
Baca juga : Strawberry Bisa Bantuk Turunkan Berat Badan, Ini 5 Faktanya

Dalam 100 gram kentang mengandung 77 kalori, 17 g karbohidrat, 2 g protein dan 421 mg potassium. Selain itu dalam 100 g kentang terdapat 43% vitamin C dan 15% vitamin B. Dengan melakukan diet kentang, bisa membuat orang kekurangan kalori, sehingga berat badan menjadi
turun.

Namun, penurunan berat badan ini tidak bekelanjutan dan mungkin tidak berlangsun lama, karena Anda terikat untuk kembali ke makanan semula.

Dilansir NDTV (24/10). diet kentang ini populer setelah komedian, aktor, dan penulis, Kevin Smith mengikuti pola diet yang hanya memakan kentang selama dua minggu penuh. Sebelum memperkenalkan stew sayuran untuk menunya.
Apa Benar Diet Kentang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat?Foto: Istock
Pola diet ini dirinci dalam buku New York Times, 'Presto!': How I Made Over 100 Pounds Disappear' oleh Penn Jillette. Sebelumnya, mantan olahragawan dari Australia, Andrew Flinder Taylor mengaku telah mengikuti diet selama satu tahun penuh dan mengatakan bahwa ia berhasil menurunkan berat badannya sekitar 50 kg.

Diet kentang cukup sederhana untuk diikuti. Cukup makan kentang sebanyak 3 kali dalam sehari. Taylor mengonsumsi semua jenis kentang dan hidangan kentang rendah kalori seperti kentang tumbuk, kentang panggang dan kentang dengan rempah untuk menu makanannya.

Selain berat badan, Taylor juga mengalami penurunan pada tekanan darahnya serta kadar gula pada darahnya. Untuk mengikuti diet ini perlu melakukan konsultasi kepada dokter spesialis. Karena pada dasarnya diet tidak selalu sama, diet tegantung pada apa yang cocok dan dibutuhkan oleh masing-maisng tubuh.

Baca juga : Kalau Ingin Cepat Turunkan Berat Badan, Rutinlah Konsumsi 8 Makanan Ini (1)




Tonton juga 'Buat yang Lagi Diet, Jangan Takut Makan Kentang!':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)