Hanya Makan Buah Selama 27 Tahun Jadi Rahasia Sehat Wanita 52 Tahun Ini

Riska Fitria - detikFood Jumat, 26 Okt 2018 19:06 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jalani pola makan vegan, Ibu dua anak ini hanya makan buah selama 27 tahun terakhir. Bahkan, pola makan tersebut juga diterapkan kepada anak-anaknya.

Anne Osborne, seorang ibu dari Queensland, Australia. sudah berusia 52 tahun, tubuhnya tetap sehat dan bugar. Rahasia kebugaran tersebut diakui Anne karena selama 27 tahun terakhir hanya memakan buah-buahan.
Anne menjadi vegan sejak tahun 1991 silam.

Ia juga sudah menghabiskan sekitar Rp. 3 juta setiap minggunya untuk menyetok buah-buahan di rumahnya. Buah-buahan yang dipilih merupakan yang berkualitas baik untuk asupan sarapan, makan siang dan makan malam, seperti dilaporkan Metro.co.uk (25/10).

Hanya Makan Buah Selama 27 Tahun Jadi Rahasia Sehat Wanita 52 Tahun IniFoto: Istimewa
Baca juga : Wanita Ini Selama 20 Tahun Hanya Makan Es Krim dan Sosis

Setiap pagi, Anne memulai harinya dengan buah mangga atau setengah melon untuk saparan yang bisa memberikan asupan sekitar 150 - 200 kalori. Kemudian mendapatkan 400 kalori dengan memakan empat buah pisang sebagai camilan. Makan siang diisi dengan 400 kalori dari alpukat dan untuk makan malam dengan dua mangga.

"Saya merasa sehat dan energik pada diet ini. saya suka menjadi seorang fruitarian," tutur Anne. Lebih lanjut Anne juga menuturkan bahwa tidak ada yang lebih baik dari buah. Karenanya sangat masuk akal baginya untuk hanya memakan buah.

Anne mengaku awalnya memang kesulitan dengan hanya memakan buah, tetapi lama-kelamaan Anne menjadi terbiasa, bahkan tidak bisa lepas dari buah-buahan. Ternyata kecintaannya pada buah-buahan ini berlanjut ketika Anne berada di luar rumah. Meskipun tengah mengunjungi restoran, Anne tetap memesan buah-buahan.

"Saya pastikan harus ada sepiring buah ketika di restoran, atau saya akan membawa buah sendiri dari rumah dan meminta mereka untuk menyajikannya di piring," kata Anne.

Hanya Makan Buah Selama 27 Tahun Jadi Rahasia Sehat Wanita 52 Tahun IniFoto: Istimewa
Pola makan ini juga diturunkan ke anak-anaknya. Awalnya anak laki-lakinya tidak menyukai manis, tetapi sejak usia 14 tahun mereka mulai memutuskan untuk makan lebih banyak buah. Meskipun begitu, mereka sekeluarga tetap memenuhi asupan kalori berdasarkan saran dari NHS, yaitu 2.000 kalori per hari.

Tidak hanya untuk dimakan, buah juga diolah Anne menjadi minuman seperti jus. Selain air mineral, Anne juga rutin meminum jus jeruk. Anne mengaku bahwa dirinya mengikuti diet ini bukan untuk menurunkan berat badan, tetapi yang dibutuhkan tubuh.

Jika Anda tertarik dengan pola makan ini, Anda harus berkonsultasi dengan ahli gizi, karena jika tidak dilakukan dengan benar bisa jadi bermasalah.

Hanya Makan Buah Selama 27 Tahun Jadi Rahasia Sehat Wanita 52 Tahun IniFoto: Istimewa
"Buah dapat mengandung banyak air dan bagi para fruitarian untuk memenuhi kebutuhan energi mereka, kemungkinan besar mereka berada dalam indeks masa tubuh yang sehat," kata Sarah Elder, seorang Ahli Diet.

Sarah juga mengatakan bahwa frutarian ada kemungkinan mengalami kekurangan asupan lain seperti protein, lemak, zat besi, kalsium, vitamin D, vitamin B dan yodium. Kadar gula dan serat yang tinggi dalam buah juga dapat menyebabkan kesulitan pencernaan termasuk kembung dan masalah BAB.

Baca juga : Nenek 77 Tahun Ini Selalu Minum Pepsi Selama 60 Tahun (dwa/odi)