Mengapa Saat Haid Selalu Ngidam Makanan Manis? Ini Alasannya

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 12 Okt 2018 19:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pernah ngidam makanan manis saat sedang haid? Ternyata ini alasannya. Ketahui juga dampak negatif serta cara mengatasinya di sini.

Dilansir Huffington Post (11/07), sebuah survei menemukan bahwa sebanyak 50% wanita di AS melahap junk food dan makanan manis selama haid. Menurut pakar anti-aging, Dr Daniel Sister, hal tersebut terjadi akibat sindroim pramenstruasi yang membuat suasana hati wanita berubah bahkan merasa tertekan. Untuk itu, wanita cenderung ingin menyantap makanan yang mengandung gula tinggi untuk mendapat rasa nyaman.

Secara ilmiah, hal itu timbul karena kadar hormon stres bernama kortisol naik sedangkan hormon kebahagiaan bernama serotonin turun.

Mengapa Saat Haid Selalu Ngidam Makanan Manis? Ini AlasannyaFoto: thinkstock

Baca juga: Kram dan Nyeri Perut Saat Haid Bisa Diatasi dengan Konsumsi Yogurt dan Nanas (1)

Meski begitu, rutin konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi justru berbahaya bagi kulit. Makanan itu membuat kulit kusam dan rentan terhadap kerutan.

"Makan terlalu banyak gula secara rutin membuat kulit kusam dan rentan terhadap kerutan. Ini terjadi karena proses yang disebut glycation. Gula dalam darah menempel pada protein dan membentuk molekul berbahaya yang disebut 'advanced glycation end products' yang kerap disebut AGE," jelasnya.

AGE merusak protein dan membuat sel kaku, kurang fleksibel dan rentan terhadap kerusakan dan penuaan dini. "Kolagen dan elastin sangat rentan terhadap kerusakan akibat proses ini dan efeknya mulai di rasa saat usia 35 tahun ke atas," tambahnya.

Jadi, semakin rutin Anda melahap makanan tinggi gula, maka semakin besar AGE berkembang dalam tubuh. Secara tak langsung, sebabkan Anda cepat menua.

Mengapa Saat Haid Selalu Ngidam Makanan Manis? Ini AlasannyaFoto: iStock

Sedangkan menurut ahli nutrisi Kate Leinweiber, selama haid, kebutuhan magnesium wanita meningkat. Ia juga menyebutkan kalau magnesium yang ada pada cokelat bisa mengatasi hal itu.

Tapi banyak wanita justru salah mengartikan hal itu. Mereka justru makan cokelat dengan kandungan gula tinggi. Padahal yang dimaksud para ahli ialah dark chocolate. Apalagi dark chocolate yang dibuat tanpa banyak proses.

Selain cokelat, para ahli juga menyarankan agar wanita banyak mengonsumsi sayuran hijau dan gandum. Kedua bahan itu mengandung banyak magnesium. Asupan magnesium yang ada bisa mengurangi kram, sembelit, insomnia, sakit kepala, rasa cemas, dan nyeri payudara yang biasa dirasa saat sedang haid.

Baca juga:Ngidam Makanan Saat Haid? Ternyata Ada Alasan Ilmiahnya Lho (adr/odi)